View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Efisiensi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Wilayah DKI Jakarta

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (838.4Kb)
      Fulltext (1.402Mb)
      Lampiran (745.3Kb)
      Date
      2025
      Author
      Kumalasari, Aristin Nanda
      Nurhayati, Popong
      Asnawi, Yudha Heryawan
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan memainkan peran yang sangat penting dalam operasional lembaga secara keseluruhan. Sebagai unit yang berinteraksi langsung dengan peserta yaitu pemberi kerja/perusahaan dan tenaga kerja, kantor cabang menjadi ujung tombak dalam penyelenggaraan layanan BPJS Ketenagakerjaan di berbagai daerah. Kantor cabang diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk mendukung tercapainya target yang telah ditetapkan yaitu penerimaan iuran dan peserta aktif. Jumlah peserta aktif yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan masih tergolong rendah. Situasi ini menunjukkan adanya potensi penerimaan iuran yang belum terealisasi. Hal ini juga mencerminkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia oleh kantor cabang masih belum optimal dalam mencapai target organisasi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu: (1) mengukur tingkat efisiensi relatif kantor cabang di Kanwil DKI Jakarta pada tahun 2020-2023; (2) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi efisiensi kantor cabang di Kanwil DKI Jakarta; (3) merumuskan rekomendasi berdasarkan hasil analisis efisiensi bagi kantor cabang di Kanwil DKI. Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) berorientasi output dengan asumsi variable returns to scale (VRS) untuk mengukur skor efisiensi. Pada tahap kedua dilakukan analisis regresi Tobit untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efisiensi, yaitu tipe kantor cabang dan jumlah kasus klaim JHT, selanjutnya pada tahap terakhir dirumuskan rekomendasi berdasarkan temuan analisis melalui pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas kantor cabang berada pada tingkat yang efisien. Kantor cabang dengan klasifikasi Tipe 3A mayoritas lebih efisien dibandingkan kategori lainnya. Analisis regresi Tobit menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efisiensi secara signifikan antara tipe kantor cabang kelas 1, kelas 2, kelas 3, dengan kelas 3A. Jumlah kasus klaim JHT memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap efisiensi. Berdasarkan analisis tersebut, rekomendasi yang dirumuskan mencakup apresiasi terhadap praktik terbaik, peninjauan kembali klasifikasi tipe kantor cabang, digitalisasi klaim JHT, dan perbaikan sistem manajemen mutasi pegawai.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169854
      Collections
      • UT - Business [597]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository