Pengaruh Social Capital terhadap Loyalitas Alumni di IPB University
Abstract
TRI NOVITA AYU. Pengaruh Social Capital terhadap Loyalitas Alumni di IPB University. Dibimbing oleh SUHENDI dan ANITA PRIMASWARI WIDHIANI.
Keterlibatan alumni merupakan elemen strategis dalam memperkuat reputasi institusi pendidikan tinggi. Namun, kontribusi alumni IPB University dinilai belum optimal, terutama dalam aspek loyalitas dan keterlibatan aktif. Dibandingkan dengan universitas besar di Indonesia, pemanfaatan potensi alumni di IPB masih belum ideal. Hal ini tercermin dari rendahnya partisipasi alumni dalam program institusi serta posisi IPB yang tertinggal dalam indikator reputasi pemberi kerja pada pemeringkatan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social capital yang terdiri dari jaringan, norma, dan kepercayaan terhadap loyalitas alumni IPB University. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui survei terhadap 204 alumni, dengan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh dimensi social capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas alumni, dengan kepercayaan sebagai faktor dominan. Berdasarkan temuan tersebut, strategi yang direkomendasikan meliputi penerbitan laporan transparansi informasi, fasilitasi pertukaran kebutuhan dan dukungan alumni, pengembangan komunitas minat dan profesi alumni, serta peningkatan awareness kealumnian sejak dini.
Kata kunci:
Collections
- UT - Business [597]
