Analisis Rantai Pasok, Nilai Ekonomi, dan Strategi Pengelolaan Sampah Plastik Low-Value di TPS 3R Kota Bogor.
Abstract
Sampah plastik merupakan permasalahan lingkungan yang masih dihadapi
banyak kota, termasuk Kota Bogor, dengan timbulan mencapai 42.694,74 ton pada
tahun 2023. Salah satu solusi yang dilakukan adalah pengelolaan berbasis 3R
(Reduce, Reuse, Recycle). TPS 3R Mekarwangi dan TPS 3R Mutiara Bogor Raya
merupakan pengolah sampah plastik low-value menjadi produk bernilai ekonomi.
Penelitian ini bertujuan menganalisis rantai pasok, menghitung nilai ekonomi, dan
merumuskan strategi pengembangan pengelolaan sampah plastik low-value di
kedua TPS tersebut. Metode yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis
pendapatan, SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), dan USG
(Urgency, Seriousness, Growth). Hasil menunjukkan bahwa pemasaran produk
olahan belum menjangkau outlet atau pasar ritel konvensional. Nilai produk di
tingkat konsumen mencapai Rp25.100.000 per bulan untuk TPS 3R Mekarwangi
dan Rp2.728.000 per bulan untuk TPS 3R Mutiara Bogor Raya. Jika biaya
penyusutan diperhitungkan, maka total nilai ekonomi sebesar -Rp263.688.794 per
tahun, terdiri atas -Rp233.979.793 pada TPS 3R Mekarwangi dan -Rp29.709.000
pada TPS 3R Mutiara Bogor Raya. Strategi prioritas yang dihasilkan adalah
promosi produk ramah lingkungan untuk TPS 3R Mekarwangi, serta menjalin
kemitraan teknis untuk TPS 3R Mutiara Bogor Raya. Plastic waste remains an environmental issue in many cities, including
Bogor City, which recorded a total of 42,694.74 tons in 2023. One of the solutions
implemented is waste management based on the 3R principles (Reduce, Reuse,
Recycle). TPS 3R Mekarwangi and TPS 3R Mutiara Bogor Raya are waste
processing facilities that convert low-value plastic waste into economically
valuable products. This study aims to analyze the supply chain, calculate the
economic value, and formulate development strategies for managing low-value
plastic waste in both TPS 3R units. The methods used include descriptive analysis,
income analysis, SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), and the
USG (Urgency, Seriousness, Growth) method. The results show that the marketing
of recycled products has not yet reached conventional retail outlets or broader
markets. The consumer-level value of products reaches IDR 25,100,000 per month
at TPS 3R Mekarwangi and IDR 2,728,000 per month at TPS 3R Mutiara Bogor
Raya. When depreciation is included, the total economic value is negative at -IDR
263.688.794 per year, consisting of -IDR 233,979,793 at TPS 3R Mekarwangi and
-IDR 29,709,000 at TPS 3R Mutiara Bogor Raya. Priority strategies include
promoting environmentally friendly products for TPS 3R Mekarwangi and
establishing technical partnerships for TPS 3R Mutiara Bogor Raya.
