Perancangan Bisnis Bengkelin: Platform Layanan Bengkel Online melalui Customer Discovery
Abstract
Layanan servis kendaraan bermotor di Indonesia, khususnya kendaraan roda dua, masih menghadapi berbagai tantangan seperti ketidakjelasan estimasi biaya, antrean panjang, dan kesulitan menemukan bengkel terpercaya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang solusi digital berupa aplikasi Bengkelin, dengan menganalisis permasalahan pengguna, menyusun solusi fitur, membangun prototype aplikasi, dan memverifikasi model bisnisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup tahapan customer discovery, penyusunan Business Model Canvas, pengembangan wireframe dan high-fidelity prototype, serta pengujian solusi melalui kuesioner terhadap 25 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur Bengkelin seperti pencarian bengkel terdekat berbasis lokasi, estimasi biaya transparan, home Service, store Service, emergency Service dan chat dengan bengkel telah menjawab permasalahan utama pengguna. Model bisnis Bengkelin juga telah terverifikasi melalui tiga aspek: kesesuaian produk dengan pasar, cara menjangkau pelanggan, dan potensi pendapatan melalui langganan premium dan mitra bengkel. Bengkelin berpotensi dikembangkan lebih lanjut menjadi solusi berbasis digital yang efektif dan efisien dalam layanan servis kendaraan.
Collections
- UT - Business [597]
