View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK VITAMIN C PASCA PANDEMI COVID 19

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (609.6Kb)
      Fulltext (1.583Mb)
      Lampiran (312.6Kb)
      Date
      2025
      Author
      Nugroho, Praditya Fajar
      Buono, Agus
      Sartono, Bagus
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pandemi COVID-19 mendorong perubahan besar dalam perilaku konsumen, termasuk meningkatnya konsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini seiring dengan meningkatnya penggunaan internet dan kanal digital sebagai sarana pemasaran dan pembelian produk. Produsen berlomba-lomba menggunakan strategi pemasaran digital untuk menjangkau konsumen khususnya di ekosistem digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas layanan, citra merek, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian vitamin C melalui kanal digital, khususnya di wilayah Jabodetabek, dengan latar belakang pentingnya digitalisasi pemasaran dalam pasca pandemi. Penelitian ini difokuskan pada masyarakat Jabodetabek yang pernah membeli vitamin C pasca pandemi Covid-19. Pengambilan data dimulai dari Juli hingga September 2023 menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner secara daring dengan menggunakan Google Form dan di sebar kepada 100 responden. Sedangkan data sekunder berasal dari literatur ilmiah. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menguji hubungan antara variabel laten. Hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan SEM-PLS menunjukkan bahwa dari empat variabel independen yang diteliti (harga, kualitas layanan, citra merek, dan kepercayaan) dua variabel yakni harga dan kepercayaan merupakan variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian vitamin C di kanal digital. Kepercayaan ini meliputi dimensi kemampuan, kebaikan hati dan integritas. Sedangkan harga meliputi dimensi keterjangkauan harga, tingkat persaingan dan kegiatan promosi harga. Di sisi lain, meskipun kualitas layanan dan citra merek secara deskriptif dinilai baik oleh responden, keduanya tidak menunjukkan pengaruh langsung secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa harga serta kepercayaan konsumen merupakan faktor paling penting dalam memengaruhi keputusan pembelian vitamin C di kanal digital, sedangkan kualitas layanan, dan citra merek tidak berpengaruh signifikan secara langsung. Oleh karena itu, produsen disarankan untuk fokus terhadap harga serta membangun kepercayaan konsumen dengan meningkatkan transparansi informasi, keamanan transaksi, dan reputasi merek. Selain itu, strategi pemasaran digital yang interaktif dan informatif, penyusunan strategi harga, kegiatan promosi serta pelayanan purna jual yang responsif, dapat mendukung peningkatan loyalitas konsumen dan efektivitas penjualan di kanal digital.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169117
      Collections
      • MT - Economic and Management [3180]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository