Show simple item record

dc.contributor.advisorSuwanda, Bayu Suriaatmaja
dc.contributor.advisorFachrurrizal, Fikry
dc.contributor.author‘Afifah, Rifdah Afnan
dc.date.accessioned2025-08-13T08:17:43Z
dc.date.available2025-08-13T08:17:43Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169007
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan prinsip Golden Ratio dalam desain kalender perusahaan tahun 2025 milik PT JICT sebagai media komunikasi visual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana, dan melibatkan 96 karyawan tetap PT JICT sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner skala Likert empat poin yang kemudian ditransformasikan dari skala ordinal ke skala interval menggunakan Metode MSI (Method of Successive Interval). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Golden Ratio memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi visual, khususnya dalam persepsi visual, meningkatkan pemahaman pesan, sikap karyawan, dan penguatan identitas perusahaan. Penelitian ini didasarkan pada teori komunikasi visual dari Lester (2022) serta metodologi kuantitatif dari Creswell (2012).
dc.description.abstractThis study aims to examine the effectiveness of applying the Golden Ratio principle in the 2025 corporate calendar design of PT JICT as a visual communication medium. Employing a quantitative method with a simple linear regression approach, this research involved 96 permanent employees of PT JICT. Data were collected through a four-point Likert-scale questionnaire, which was transformed from ordinal to interval scale using the Method of Successive Interval (MSI). The results indicate that the Golden Ratio has a significant impact on visual communication effectiveness particularly in visual perception, improving message comprehension, employee attitudes, and reinforcing the company's identity. The research is grounded in Lester's (2022) visual communication theory and Creswell's (2012) quantitative methodology.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Penerapan Golden Ratio dalam Desain Kalender Terhadap Persepsi Visual, Pemahaman Pesan, dan Sikap Karyawan PT JICTid
dc.title.alternativeThe Influence of Golden Ratio Application in Calendar Design on Visual Perception, Message Comprehension, and Employee Attitudes at PT JICT
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordcompany calendarid
dc.subject.keywordGolden Ratioid
dc.subject.keywordMSIid
dc.subject.keywordvisual commnunicationid
dc.subject.keywordvisual perceptionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record