Show simple item record

dc.contributor.advisorHidayatulloh, Furqon Syarief
dc.contributor.advisorSaleh, Amiruddin
dc.contributor.authorAkbari, Imam
dc.date.accessioned2025-08-11T14:57:04Z
dc.date.available2025-08-11T14:57:04Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168696
dc.description.abstractKoperasi memiliki peran strategis sebagai pilar ekonomi, terutama dalam pemberdayaan masyarakat kelas menengah ke bawah. koperasi syariah menunjukkan potensi besar sebagai alternatif pembiayaan berbasis prinsip syariah, mendukung UMKM, dan meningkatkan inklusi keuangan. Namun jumlah koperasi di Indonesia sempat menurun. Hal ini menjadi tantangan signifikan, termasuk kurangnya sumber daya manusia yang terampil. Seperti halnya kinerja karyawan pada Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah meski memiliki nilai cukup baik namun dinilai belum optimal oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan kinerja agar lebih optimal. Lokasi penelitian ini bertempat di Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah dan dilaksanakan dari bulan November 2024 sampai Agustus 2025. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengkaji peran servant leadership dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan serta peran loyalitas sebagai peubah mediasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix method) dengan menggunakan data primier dan sekunder. Adapun analisa data dilakukan dengan analisa deskriptif dan analisa inferensial menggunakan Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian ini pertama, servant leadership tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Kedua, servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Ketiga, loyalitas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Keempat loyalitas karyawan terbukti berperan sebagai mediator dalam pengaruh servant leadership terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini bermanfaat ini memberikan wawasan bagi manajemen koperasi untuk menerapkan servant leadership yang efektif dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan, merancang strategi pengelolaan SDM yang lebih produktif dan efisien, serta menyusun kebijakan SDM seperti program pelatihan kepemimpinan, pengembangan budaya organisasi, peningkatan kompetensi dan inisiatif peningkatan loyalitas karyawan.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Servant Leadership dan Loyalitas terhadap Kinerja Karyawan di Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummahid
dc.title.alternativeThe Effect of Servant Leadership and Loyalty on Employee Performance at Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah
dc.typeTesis
dc.subject.keywordKinerja karyawanid
dc.subject.keywordloyalitasid
dc.subject.keywordServant Leadershipid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record