| dc.description.abstract | Koperasi memiliki peran strategis sebagai pilar ekonomi, terutama dalam
pemberdayaan masyarakat kelas menengah ke bawah. koperasi syariah
menunjukkan potensi besar sebagai alternatif pembiayaan berbasis prinsip syariah,
mendukung UMKM, dan meningkatkan inklusi keuangan. Namun jumlah koperasi
di Indonesia sempat menurun. Hal ini menjadi tantangan signifikan, termasuk
kurangnya sumber daya manusia yang terampil. Seperti halnya kinerja karyawan
pada Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah meski memiliki nilai cukup baik namun
dinilai belum optimal oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan kinerja agar
lebih optimal.
Lokasi penelitian ini bertempat di Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah dan
dilaksanakan dari bulan November 2024 sampai Agustus 2025. Tujuan dari
penelitian ini secara umum adalah untuk mengkaji peran servant leadership dalam
meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan serta peran loyalitas sebagai peubah
mediasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix
method) dengan menggunakan data primier dan sekunder. Adapun analisa data
dilakukan dengan analisa deskriptif dan analisa inferensial menggunakan Structural
Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS).
Hasil penelitian ini pertama, servant leadership tidak berpengaruh langsung
secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Kedua, servant leadership
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Ketiga, loyalitas
karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Keempat
loyalitas karyawan terbukti berperan sebagai mediator dalam pengaruh servant
leadership terhadap kinerja karyawan.
Penelitian ini bermanfaat ini memberikan wawasan bagi manajemen koperasi
untuk menerapkan servant leadership yang efektif dalam meningkatkan loyalitas
dan kinerja karyawan, merancang strategi pengelolaan SDM yang lebih produktif
dan efisien, serta menyusun kebijakan SDM seperti program pelatihan
kepemimpinan, pengembangan budaya organisasi, peningkatan kompetensi dan
inisiatif peningkatan loyalitas karyawan. | |