View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Servant Leadership dan Loyalitas terhadap Kinerja Karyawan di Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (700.3Kb)
      Fulltext (1.965Mb)
      Lampiran (512.8Kb)
      Date
      2025
      Author
      Akbari, Imam
      Hidayatulloh, Furqon Syarief
      Saleh, Amiruddin
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Koperasi memiliki peran strategis sebagai pilar ekonomi, terutama dalam pemberdayaan masyarakat kelas menengah ke bawah. koperasi syariah menunjukkan potensi besar sebagai alternatif pembiayaan berbasis prinsip syariah, mendukung UMKM, dan meningkatkan inklusi keuangan. Namun jumlah koperasi di Indonesia sempat menurun. Hal ini menjadi tantangan signifikan, termasuk kurangnya sumber daya manusia yang terampil. Seperti halnya kinerja karyawan pada Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah meski memiliki nilai cukup baik namun dinilai belum optimal oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan kinerja agar lebih optimal. Lokasi penelitian ini bertempat di Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah dan dilaksanakan dari bulan November 2024 sampai Agustus 2025. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengkaji peran servant leadership dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan serta peran loyalitas sebagai peubah mediasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix method) dengan menggunakan data primier dan sekunder. Adapun analisa data dilakukan dengan analisa deskriptif dan analisa inferensial menggunakan Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian ini pertama, servant leadership tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Kedua, servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Ketiga, loyalitas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Keempat loyalitas karyawan terbukti berperan sebagai mediator dalam pengaruh servant leadership terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini bermanfaat ini memberikan wawasan bagi manajemen koperasi untuk menerapkan servant leadership yang efektif dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan, merancang strategi pengelolaan SDM yang lebih produktif dan efisien, serta menyusun kebijakan SDM seperti program pelatihan kepemimpinan, pengembangan budaya organisasi, peningkatan kompetensi dan inisiatif peningkatan loyalitas karyawan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168696
      Collections
      • MT - Economic and Management [3180]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository