Show simple item record

dc.contributor.advisorAchsani, Noer Azam
dc.contributor.advisorAsikin, Zenal
dc.contributor.authorANDIRA, PUTI ADHIS
dc.date.accessioned2025-08-11T07:17:37Z
dc.date.available2025-08-11T07:17:37Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168633
dc.description.abstractIndustri kosmetik merupakan sektor strategis yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Industri ini berkembang pesat akibat meningkatnya permintaan konsumen, sehingga persaingan pasar menjadi semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur, perilaku, dan kinerja dalam industri kosmetik Indonesia pada periode 2019-2023. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran untuk menganalisis struktur, perilaku, dan kinerja industri kosmetik, serta regresi panel data untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja industri tersebut. Hasil analisis menunjukkan industri kosmetik cenderung pada pasar monopolistik dengan persaingan ketat, sehingga perusahaan menerapkan strategi harga, promosi, dan produk untuk bersaing. Kinerja dianalisis menggunakan ROA sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil estimasi, variabel yang secara signifikan berpengaruh positif terhadap ROA adalah pangsa pasar, sedangkan variabel ASR memiliki pengaruh negatif. HHI dan growth tidak berpengaruh terhadap ROA. Strategi yang direkomendasikan meliputi optimalisasi bahan baku lokal, penguatan loyalitas pelanggan, pemasaran berbasis data dan teknologi, serta peningkatan persepsi kualitas produk melalui inovasi dan kredibilitas merek.
dc.description.abstractThe cosmetic industry is a strategic sector contributing significantly to Indonesia’s economy. Its rapid growth, driven by rising consumer demand, has intensified market competition. This study analyzes the structure–conduct– performance (SCP) in Indonesia’s cosmetic industry from 2019 to 2023, using data from listed companies’ financial statements. A mixed-method approach and panel data regression are employed to evaluate industry dynamics and performance determinants. Findings show the industry leans toward monopolistic competition, leading firms to adopt pricing, promotional, and product strategies. ROA is used as the performance indicator, with market share positively affecting ROA, while the advertising- to-sales ratio (ASR) has a negative effect. HHI and growth show no significant impact. Recommended strategies include optimizing local inputs, strengthening customer loyalty, utilizing data-driven marketing, and enhancing perceived product quality through innovation and brand credibility.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleDinamika Struktur, Perilaku, dan Kinerja Industri Kosmetik Periode 2019-2023: Implikasi Bagi Strategi Daya Saingid
dc.title.alternativeDynamics of Structure, Conduct, and Performance in the Cosmetics Industry during 2019–2023: Implications for Competitive Strategy
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordIndustri Kosmetikid
dc.subject.keywordKinerjaid
dc.subject.keywordperilakuid
dc.subject.keywordprofitabilitasid
dc.subject.keywordStrukturid
dc.subject.keywordperformanceid
dc.subject.keywordprofitabilityid
dc.subject.keywordCosmetic Industryid
dc.subject.keywordConductid
dc.subject.keywordStructureid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record