Pengaruh UGC TikTok dan Past Experience terhadap Purchase Intention Paket Wisata Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan
Date
2025Author
Qommarrudin, Muhammad Aurelio Reyhan
Nurhayati, Popong
Abdullah, Asaduddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Transformasi teknologi digital telah mengubah cara konsumen dalam memperoleh informasi, dengan pergeseran dari media tradisional ke media baru yang lebih interaktif. Di tengah informasi digital ini, muncul sebuah kekuatan baru yang dapat memengaruhi opini publik dan keputusan konsumen yaitu User- Generated Content (UGC). Desa Wisata Cibuntu sebagai desa yang melihat besarnya potensi UGC ini memiliki permasalahan di mana lebih dari 700 video UGC TikTok tentang desa ini tidak selaras dengan rendahnya engagement rate dan jumlah kunjungan yang menyoroti adanya kesenjangan efektivitas UGC. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi UGC, past experience, dan purchase intention, serta menguji pengaruh UGC dan past experience terhadap purchase intention. Purposive sampling digunakan untuk menganalisis data survei dari 161 pengguna TikTok selama periode Maret-Juni 2025 menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis statistik deskriptif ditemukan bahwa kondisi setiap variabel positif. Pengaruh UGC dan past experience terhadap purchase intention terbukti tidak terjadi secara langsung, melainkan sepenuhnya dimediasi secara signifikan oleh attitude dan subjective norms. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan strategi pemasaran berbasis kerangka RACE yang berfokus pada penguatan attitude dan subjective norms untuk mengubah tingginya minat rekomendasi menjadi konversi dan loyalitas wisatawan.
Collections
- UT - Business [597]
