Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Teras Alam Bogor
Abstract
Perkembangan bisnis coffee shop di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan tren konsumsi kopi yang semakin digemari oleh banyak orang terutama generasi muda, termasuk di Kota Bogor. Persaingan bisnis coffee shop yang ketat, khususnya di Kota Bogor, menuntut pelaku usaha seperti Teras Alam Bogor untuk terus meningkatkan daya saing dengan memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan di Teras Alam Bogor dengan menggunakan data kuantitatif yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 180 responden, serta data sekunder dari studi literatur, dokumen internal, dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan aplikasi Smart PLS 4.0. Berdasarkan hasil penelitian, variabel harga, kualitas produk, dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Nilai R-Square sebesar 0,534 menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan 53,4% variasi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan implikasi manajerial berupa perlunya penyesuaian harga yang kompetitif, peningkatan kualitas produk, serta penguatan store atmosphere yang nyaman dan menarik bagi konsumen.
Collections
- UT - Management [3624]
