View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Perbaikan Proses Bisnis Pt.Sgp Dengan Metode Model-Based And Integrated Process Improvement (Mipi)

      Thumbnail
      View/Open
      full text (2.169Mb)
      Date
      2020
      Author
      Iqbal, Muhamad
      Siti Jahroh
      Setiadi Djohar
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Proses bisnis harus terus berkembang dengan metode yang tepat dan sesuai. PT. SGP memiliki banyak proses yang sangat rumit dan beragam. Hal tersebut membuat output dari layanan menjadi sangat beragam dalam hal kualitas dan ketepatan waktu. Klien yang menggunakan layanan dari PT. SGP mempunyai banyak keluhan. PT. SGP melihat bahwa mereka harus melakukan perbaikan untuk mendapatkan proses yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan kualitas jasa yang lebih baik dan mengurangi keluhan klien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab utama terjadinya keluhan pelanggan, menganalisis kriteria-kriteria yang dibutuhkan untuk meningkatkan proses bisnis, dan membuat perbaikan proses bisnis dengan menggunakan metode Model-based and Integrated Process Improvement (MIPI). Pada penelitian ini, metode ini dilakukan hingga langkah keempat, yang merupakan langkah proses mendesain ulang. Hasil penelitian didapat setelah metode MIPI dilakukan secara bertahap dan sistematis pada penelitian ini. Pada langkah pertama, pemindaian dilakukan pada kondisi perusahaan saat ini. Kondisi perusahaan saat ini digambarkan oleh visi dan misi perusahaan, struktur organisasi, pangsa pasar klien, dan data keluhan atau kesalahan klien dengan diagram pareto. Pada langkah kedua, semua proses bisnis perusahaan saat ini dimodelkan. Pemodelan proses bisnis dilakukan dengan menggunakan diagram alir. Pada langkah ketiga, semua proses divalidasi dengan semua orang yang bertanggung jawab dengan proses tersebut. Setelah itu, proses dianalisis dengan alat analisis nilai tambah. Terakhir, tim peningkatan proses dibentuk untuk bertanggung jawab dengan mendesain ulang proses baru dengan peningkatan dari hasil analisis lainnya. Diagram Fishbone digunakan untuk menganalisis dan menentukan fokus masalah yang sedang dipecahkan. Setelah metode MIPI dilakukan hingga tahap keempat pada penelitian ini, maka didapat bahwa masalah utama yang membuat PT. SGP mendapat banyak keluhan adalah kesalahan pada gambar/detail. Selanjutnya, penelitian ini menemukan masalah-masalah yang menyebabkan masalah utama di PT. SGP. Kriteria-kriteria yang dibutuhkan untuk meningkatkan proses bisnis dapat dilihat dari hasil analisis menggunakan value added analysis dan diagram fishbone. Beberapa aktivitas pada proses saat ini juga ditemukan bahwa mereka tidak memberikan nilai tambah. Penelitian ini menghasilkan proses baru yang sudah diperbaiki dan ditingkatkan dengan menerapkan hasil analisis sesuai dengan metode MIPI.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168320
      Collections
      • MT - Business [4039]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository