View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Peningkatan Daya Saing Pasar Rakyat Melalui Pengembangan Model Bisnis (Studi Kasus: Plaza Bogor)

      Thumbnail
      View/Open
      full text (45.21Mb)
      Date
      2020
      Author
      Syuhairi
      Arief Daryanto
      Amzul Rifin
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pasar rakyat di perkotaan semakin terancam keberadaanya seiring dengan semakin maraknya pembangunan pusat perbelanjaan dan pasar modern. Adanya penyedia barang dan jasa lain dengan mutu dan pelayanan yang lebih baik menyebabkan banyak orang mulai beralih dari pasar rakyat ke pasar modern untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Disisi lain, daya tarik pasar rakyat semakin menurun akibat buruknya kondisi serta kelengkapan sarana dan prasarana pasar. Suasana pasar yang terkesan sumpek dan kumuh apabila tidak diperhatikan oleh pihak yang berwenang, maka perputaran bisnis di pasar rakyat dapat semakin melambat dan terancam hilang. Plaza Bogor salah satu pasar terbesar dibawah pengelolaan PD. Pasar Pakuan Jaya dengan konsep gabungan pasar rakyat dan modern dimana akhir-akhir ini mengalami akupansi yang semakin menurun. Metoda penelitian menggunakan Business Model Canvas (BMC) sebagai alat analisis untuk memetakan semua elemen bisnis di Plaza Bogor, analisis stakeholder dan analisis kelayakan usaha. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, memetakan faktor kunci yang berperan dalam model bisnis, mengidentifikasi peran dan pengaruh stakeholder terhadap pengelolaan dan program operasional di Plaza Bogor, melakukan analisis kesenjangan dalam rangka mendapatkan model bisnis perbaikan untuk Plaza Bogor, menganalisis kelayakan usaha dalam program revitalisasi serta menyusun strategi pengembangan model bisnis untuk meningkatkan daya saing Plaza Bogor. Hasil penelitian mengidentifikasi faktor kunci yang berperan dalam model bisnis Plaza Bogor dengan menggunakan sembilan blok BMC yang didalamnya terdapat informasi faktor yang berperan dalam bisnis Plaza Bogor. Teridentifikasi kelompok stakeholder PD. Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor, Walikota Bogor, paguyuban pedagang dan DPRD Kota Bogor adalah yang paling berkepentingan dan berpengaruh di plaza bogor. Analisa kelayakan usaha menunjukkan bahwa program revitalisasi sangat layak untuk dilakukan oleh management PD. Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor karena seluruh nilai rasio menunjukkan pada kondisi yang baik. Untuk itu strategi yang perlu dikembangkan oleh manajemen untuk mendapatkan hasil yang tepat adalah melakukan beberapa hal yaitu 1) mengembangkan bisnis proses yang lebih efektif. 2) mengembangkan efektifitas pengunaan sarana dan prasana pasar serta 3) meningkatkan kinerja keuangan dan transparasi dalam rangka mencapai good corporate gouvernance.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168310
      Collections
      • MT - Business [4039]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository