Show simple item record

dc.contributor.advisorAmzul Rifin
dc.contributor.advisorBunasor Sanim
dc.contributor.authorAndrianto, Rui
dc.date.accessioned2025-08-07T10:49:17Z
dc.date.available2025-08-07T10:49:17Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168305
dc.description.abstractSi Bolang Durian adalah salah satu dari sekian banyak gerai buah durian yang ada di kota Medan. Gerai ini menjual buah durian lokal yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Si Bolang Durian selalu mengutamakan produk yang berkualitas, fresh, steril dan higienis sehingga konsumen bisa langsung menikmatinya dengan aman. Harga yang terjangkau dan didukung fasilitas yang memadai sehingga membuat nyaman pelanggan yang datang, Si Bolang Durian juga memiliki lokasi/tempat yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan. Peluang pasar lokal untuk produk durian cukup potensial, dilihat dari jumlah penduduk Medan yang saat ini telah mencapai 2.210.624 jiwa pada sensus 2015. Jika diasumsikan ada 50 persen atau 1.105.312 jiwa penduduk Medan yang mengkomsumsi durian, maka dapat dilihat bahwa pasar lokal cukup menjanjikan. Pertumbuhan bisnis gerai buah durian di kota Medan yang mulai berkembang juga menandakan bisnis ini dianggap sebagai bisnis yang prospektif. Bertambahnya jumlah gerai buah durian menggambarkan persaingan diantara pebisnis gerai buah durian tersebut. Persaingan antar gerai sejenis dan juga penurunan penjualan dalam 4 tahun terakhir memicu persaingan yang semakin ketat khususnya di Kota Medan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis karakteristik demografi konsumen jasa gerai buah Si Bolang Durian, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekuitas merek jasa gerai buah Si Bolang Durian, 3) Menganalisis tingkat kontribusi variabel-variabel ekuitas merek jasa gerai buah Si Bolang Durian dan 4) Menganailisis implikasi manajerial berupa strategi pemasaran untuk merek jasa gerai buah Si Bolang Durian. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis SEM dan Analisis Deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan informasi umum juga informasi lainnya yang mendukung penelitian. Penelitian telah dilaksanakan dari bulan Juli hingga September 2018. Hasil analisa SEM menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan brand equity gerai durian adalah brand awareness, brand association dan brand loyalty, yang memiliki loading factor masing-masing sebesar 0.20, 0.36 dan 0.51. Sementara itu terdapat satu variabel yang tidak signifikan yaitu brand perceived quality yang memiliki nilai loading factor sebesar 0.04. Berdasarkan analisa SEM tersebut disimpulkan bahwa pada pengaruh terhadap brand equity didapatkan brand awareness, brand association dan brand loyalt berpengaruh terhadap brand equity, dimana semua pengaruhnya bersifat positive. Dari ketiga variabel yang berpengaruh, faktor Brand loyaty paling berpengaruh terhadap brand equity dibandingkan variabel yang lain, hal ini dapat dilihat dari nilai estimate dan yang paling besar dibandingkan variabel lainnnya lainnya. Implikasi manajerial gerai buah durian untuk meningkatkan brand equity adalah memperbanyak beriklan di media cetak dan juga di billboard/papan reklame serta meningkatkan kualitas pelayanan dan fasialitas agar semakin baik. Sehingga dapat selalu diingat dan juga membangun kepercayaan pelanggan.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Gerai Buah Durian (Studi Kasus: Cv Si Bolang Durian)id
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordSemid
dc.subject.keywordPeningkatan Daya Saingid
dc.subject.keywordGodness Of Fixid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record