View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Bisnis Pt Pertamina Retail

      Thumbnail
      View/Open
      full text (28.95Mb)
      Date
      2020
      Author
      Ramdhani, Rafdi Dzulfikar
      Lukman M.Baga
      Popong Nurhayati
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      PT Pertamina Retail (PTPR) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha ritel produk Pertamina. Sales Area II merupakan divisi operasional yang memiliki unit bisnis terbanyak dan berada di pusat perkotaan yaitu DKI Jakarta dan Banten. PTPR Sales Area II perlu memiliki strategi alternatif yang tepat untuk merespons perlambatan pertumbuhan penjualan BBM dan pertumbuhan SPBU asing pada industri fuel retail di DKI Jakarta & Banten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi PTPR Sales Area II dan industri fuel retail di DKI Jakarta & Banten, menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi bisnis PTPR Sales Area II, serta menyusun strategi bisnis yang tepat untuk PTPR Sales Area II. Beberapa alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, VRIO, Porter's Five Forces, PESTEL, matriks Internal-Eksternal, dan analisis SWOT. Metode pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner dan studi literatur. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari pihak internal perusahaan yang mengatur kebijakan di Sales Area II dan pihak eksternal yaitu komite BPH Migas. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa SPBU PTPR Sales Area II masih menjadi pilihan utama dengan alasan ketepatan bahan bakar (kejujuran) dan kualitas pelayanan yang memuaskan. Kondisi industri fuel retail di DKI Jakarta & Banten ditinjau dari penilaian pada Google Customer Review didapat bahwa Vivo memiliki total penilaian tertinggi dengan nilai 4,57 disusul oleh Shell, Total, BP-AKR, dan PTPR Sales Area II. Hal ini menunjukan bahwa semua SPBU memiliki penilaian yang baik dari konsumen di google review karena nilainya di atas 4. Berdasarkan hasil identifikasi lingkungan internal dan eksternal tersebut diperoleh posisi perusahaan dalam matriks IE berada pada sel V (menjaga dan mempertahankan). Adapun strategi yang dapat diterapkan dalam posisi ini adalah strategi pengembangan produk dan strategi penetrasi pasar. Berdasarkan hasil analisis SWOT didapatkan 9 strategi alternatif yang dapat diterapkan untuk strategi bisnis PTPR Sales Area II, terdiri dari 6 strategi pengembangan produk dan 3 strategi penetrasi pasar.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168303
      Collections
      • MT - Business [4039]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository