Pemodelan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Di Industri Barbershop: Kasus Barbershop Hungky Dory Kota Bogor Tahun 2019\
View/ Open
Date
2020Author
Arifin, Muhammad Fakhrul
Hartoyo
Eva Z Yusuf
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan jaman membuat banyak perubahan dalam kehidupan. Berbagai jenis usaha bermunculan dengan sangat inovativ dan berbeda dengan
yang lain.Kualitas layanan merupakan hal terpenting dalam kegiatan usaha pelayanan jasa, dimana Barbershop adalah jenis usaha dibidang jasa.
Hungky Dory menawarkan kualitas layanan yang berbeda dengan para pesaingnya, ditunjang dengan berbagai macam fasilitas yang ada. Tingkat
kepercayaan pelanggan merupakan hal penting demi menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tingkat persepsi harga yang ditawarkan juga perlu sesuai
dengan tingkat kualitas layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh tingkat kualitas layanan, kepercayaan dan persepsi
harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Hungky Dory Barbershop pada tahun 2019.
Pengambilan data dilakukan di salah satu cabang pertama Hungkydory dan menggunakan kuisioner dengan 37 indikator yang diberikan langsung kepada
pelanggan dan diolah menggunakan SEM-PLS. SEM digunakan untuk melihat hubungan dari setiap variabel. Responden yang digunakan sebanyak 210
pelanggan. Penelitian ini juga membandingkan Hungkydory dengan para pesaingnya untuk menjadi evaluasi yang dilakukan dalam pengambilan keputusan
manajerial.
Hasil penelitian perbandingan menunjukkan bahwa Hungkydory lebih unggul dibandingkan dengan para pesaingnya dari semua indikator. Hasil pengolahan
SEM-PLS menunjukkan adanya pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan, kepuasan terhadap kepercayaan, kepuasan terhadap loyalitas dan kepercayaan
terhadap loyalitas. Sedangkan persepsi harga terhadap kepuasan menunjukkan tidak adanya pengaruh.
Collections
- MT - Business [4039]
