View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Ecommerce Pertanian

      Thumbnail
      View/Open
      full text (1.419Mb)
      Date
      2020
      Author
      Nusifera, Alfa Nusryamiza
      Mukhamad Najib
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      ECommerce pertanian dengan model bisnis ritel memiliki tantangan besar untuk menjadi salah satu alternatif aktifitas pembelian produk-produk pertanian. Persentase pembelian produk makanan secara online masih memiliki persentase yang kecil. Hal ini dikarenakan konsumen masih memilih datang ke toko untuk membeli bahan makanan yang ingin dibeli. Permasalahan yang sering terjadi di eCommerce pertanian adalah adanya crash pada aplikasi, gagalnya transaksi pembelian produk, serta proses delivery produk yang masih banyak mengalami kendala seperti keterlambatan pengiriman dan kerusakan produk sehingga hal ini membuat perusahaan harus terus melakukan inovasi guna meningkatkan kepuasan pengguna eCommerce pertanian. Namun, adanya pandemi Covid-19 tahun 2020 di Indonesia membuat perilaku pembelian konsumen eCommerce pertanian berubah. Tingkat permintaan produk mengalami peningkatan. Kepuasan dan loyalitas konsumen dapat menjadi strategi bagi perusahaan untuk mempertahankan serta meningkatkan penjualan di eCommerce pertanian. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik pengguna aplikasi eCommerce pertanian dan variabel yang memengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian dilakukan dengan survei di wilayah Jabodetabek, Indonesia. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kusioner dengan metode convenience sampling kepada 170 responden. Mayoritas responden adalah wanita dengan rentang usia 20-30 tahun. Hasil menunjukkan, responden memperhatikan setiap konten dan fitur dalam proses belanja sehingga ini memengaruhi tahap selanjutnya dari keputusan pembelian untuk produk pertanian. Hasil Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas informasi, design, respon, keamanan, delivery terhadap kepuasan dan kepuasan terhadap loyalitas. Di sisi lain, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan, pembayaran, layanan pengguna terhadap kepuasan. Perusahaan dapat membuat program loyalitas untuk meningkatkan retensi pembelian produk di eCommerce pertanian.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168274
      Collections
      • MT - Business [4039]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository