Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Ecommerce Pertanian
Abstract
ECommerce pertanian dengan model bisnis ritel memiliki tantangan besar
untuk menjadi salah satu alternatif aktifitas pembelian produk-produk pertanian.
Persentase pembelian produk makanan secara online masih memiliki persentase
yang kecil. Hal ini dikarenakan konsumen masih memilih datang ke toko untuk
membeli bahan makanan yang ingin dibeli. Permasalahan yang sering terjadi di
eCommerce pertanian adalah adanya crash pada aplikasi, gagalnya transaksi
pembelian produk, serta proses delivery produk yang masih banyak mengalami
kendala seperti keterlambatan pengiriman dan kerusakan produk sehingga hal ini
membuat perusahaan harus terus melakukan inovasi guna meningkatkan kepuasan
pengguna eCommerce pertanian. Namun, adanya pandemi Covid-19 tahun 2020 di
Indonesia membuat perilaku pembelian konsumen eCommerce pertanian berubah.
Tingkat permintaan produk mengalami peningkatan. Kepuasan dan loyalitas
konsumen dapat menjadi strategi bagi perusahaan untuk mempertahankan serta
meningkatkan penjualan di eCommerce pertanian.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik pengguna aplikasi
eCommerce pertanian dan variabel yang memengaruhi kepuasan dan loyalitas
konsumen. Penelitian dilakukan dengan survei di wilayah Jabodetabek, Indonesia.
Data penelitian dikumpulkan menggunakan kusioner dengan metode convenience
sampling kepada 170 responden. Mayoritas responden adalah wanita dengan
rentang usia 20-30 tahun. Hasil menunjukkan, responden memperhatikan setiap
konten dan fitur dalam proses belanja sehingga ini memengaruhi tahap selanjutnya
dari keputusan pembelian untuk produk pertanian. Hasil Structural Equation
Modeling (SEM) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas
informasi, design, respon, keamanan, delivery terhadap kepuasan dan kepuasan
terhadap loyalitas. Di sisi lain, tidak ada perbedaan yang signifikan antara
kemampuan, pembayaran, layanan pengguna terhadap kepuasan. Perusahaan dapat
membuat program loyalitas untuk meningkatkan retensi pembelian produk di
eCommerce pertanian.
Collections
- MT - Business [4039]
