View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Model Utaut2

      Thumbnail
      View/Open
      full text (3.197Mb)
      Date
      2020
      Author
      Iskandar, Maja
      Hartoyo
      Irman Hermadi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Persentase pengguna mobile banking saat ini lebih rendah dibandingkan dengan jumlah pengguna aktif internet yang memakai smartphone di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pengembangan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology2 (UTAUT2) dengan menambahkan dua faktor penting lainnya yaitu persepsi risiko dan observability. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan niat dan pembentukan perilaku penggunaan aktual mobile banking oleh pelanggan di Indonesia, dan menyarankan langkah-langkah yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan niat penggunaan mobile banking berdasarkan model penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan pertanyaan secara online, dengan hasil sebanyak 360 data responden. Penulis melakukan analisa data dengan menggunakan model Structural Equation Modelling LISREL, IPA dan MSA. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa observability, harapan usaha, motivasi hedonik, dan fasilitas pendukung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan niat perilaku. Persepsi risiko dan nilai harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembentukan niat perilaku. Niat perilaku dan pengalaman berpengaruh positif dan signifikan pada pembentukan perilaku penggunaan aktual mobile banking. Variabel jenis kelamin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel laten yang ada pada model penerimaan, sedangkan variabel usia tidak memengaruhi secara signifikan terhadap tingkat behavioral intention dan use behavior mobile banking.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168268
      Collections
      • MT - Business [4039]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository