Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Model Utaut2
Abstract
Persentase pengguna mobile banking saat ini lebih rendah dibandingkan
dengan jumlah pengguna aktif internet yang memakai smartphone di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pengembangan teori Unified Theory of Acceptance
and Use of Technology2 (UTAUT2) dengan menambahkan dua faktor penting
lainnya yaitu persepsi risiko dan observability. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisa faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan niat dan
pembentukan perilaku penggunaan aktual mobile banking oleh pelanggan di
Indonesia, dan menyarankan langkah-langkah yang dapat dipergunakan untuk
meningkatkan niat penggunaan mobile banking berdasarkan model penelitian.
Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan pertanyaan secara
online, dengan hasil sebanyak 360 data responden. Penulis melakukan analisa data
dengan menggunakan model Structural Equation Modelling LISREL, IPA dan
MSA.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa observability, harapan usaha,
motivasi hedonik, dan fasilitas pendukung berpengaruh positif dan signifikan
terhadap pembentukan niat perilaku. Persepsi risiko dan nilai harga berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap pembentukan niat perilaku. Niat perilaku dan
pengalaman berpengaruh positif dan signifikan pada pembentukan perilaku
penggunaan aktual mobile banking. Variabel jenis kelamin memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap variabel laten yang ada pada model penerimaan,
sedangkan variabel usia tidak memengaruhi secara signifikan terhadap tingkat
behavioral intention dan use behavior mobile banking.
Collections
- MT - Business [4039]
