Analisis Keuanggulan Kompetitif Berkelanjutan Perusahaan Crowd-Business Syariah (Studi Kasus Pada Halal Network International)
View/ Open
Date
2020Author
Mufidah, Amirah Firas
Laily Dwi Arsyianti
Ibdalsyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Inovasi model bisnis suatu perusahaan merupakan bentuk adaptasi terhadap
gejolak ekonomi saat ini untuk menentukan keunggulan kompetitif. Perusahaan dengan
posisi market leader mulai tergeser oleh perusahaan market challenger yang menerapkan
open innovation. Untuk menghadapi hal ini, PT HPA Indonesia atau Halal Network
International (HNI) yang berbasis muslim crowd dan dianggap konsisten berkembang serta
mendapatkan leading position harus mampu bertahan di tengah pasar. Sebagai marketbased
enterprise berbasis syariah dengan misi sosial berkontribusi dalam mensejahterakan
umat, HNI perlu menentukan strategi yang tepat untuk keberlanjutan posisinya di masa
yang akan datang. Selain inovasi model dan proses bisnis yang unik oleh market challenger
dalam industri produk kesehatan halal dan berkualitas, sistem Halal Network juga terancam
atas masih adanya perspektif negatif terhadap perusahaan Multi-level Marketing. Agar
kemampuan pemasaran dan jaringan terus berkembang, benchmark dalam pembelajaran
pemasaran diperlukan untuk keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan pada perusahaan crowd-business syariah dengan studi kasus HNI.
Pendekatan metode campuran (mixed method) dilakukan dengan menggunakan studi
pustaka, wawancara terpandu, dan kuesioner online untuk pakar tertentu. Teknik
pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANP (Analytical Network
Process) untuk melibatkan analisis hubungan antar jaringan unsur.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Effective strategy adalah strategi kinerja
yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan pada crowd-business
syariah. Strategi ini berfokus dalam pengembangan modal Sumberdaya. Ditemukan bahwa
terdapat 10 unsur yang menentukan strategi kinerja crowd-business syariah. Tiga unsur
dengan prioritas terendah pada model strategi keunggulan berkelanjutan ini yaitu Reputasi
& kontrol kualitas, Teknologi & pemenuhan pembeli dan Penjualan konten produk.
Dengan mengkombinasikan modal Institusional dan Sumberdaya, keunggulan kompetitif
yang berkelanjutan dapat dicapai dengan memfokuskan kinerja pada unsur Citra
perusahaan dan Kepemimpinan.
Collections
- MT - Business [4039]
