View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Keuanggulan Kompetitif Berkelanjutan Perusahaan Crowd-Business Syariah (Studi Kasus Pada Halal Network International)

      Thumbnail
      View/Open
      full text (2.231Mb)
      Date
      2020
      Author
      Mufidah, Amirah Firas
      Laily Dwi Arsyianti
      Ibdalsyah
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Inovasi model bisnis suatu perusahaan merupakan bentuk adaptasi terhadap gejolak ekonomi saat ini untuk menentukan keunggulan kompetitif. Perusahaan dengan posisi market leader mulai tergeser oleh perusahaan market challenger yang menerapkan open innovation. Untuk menghadapi hal ini, PT HPA Indonesia atau Halal Network International (HNI) yang berbasis muslim crowd dan dianggap konsisten berkembang serta mendapatkan leading position harus mampu bertahan di tengah pasar. Sebagai marketbased enterprise berbasis syariah dengan misi sosial berkontribusi dalam mensejahterakan umat, HNI perlu menentukan strategi yang tepat untuk keberlanjutan posisinya di masa yang akan datang. Selain inovasi model dan proses bisnis yang unik oleh market challenger dalam industri produk kesehatan halal dan berkualitas, sistem Halal Network juga terancam atas masih adanya perspektif negatif terhadap perusahaan Multi-level Marketing. Agar kemampuan pemasaran dan jaringan terus berkembang, benchmark dalam pembelajaran pemasaran diperlukan untuk keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan pada perusahaan crowd-business syariah dengan studi kasus HNI. Pendekatan metode campuran (mixed method) dilakukan dengan menggunakan studi pustaka, wawancara terpandu, dan kuesioner online untuk pakar tertentu. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANP (Analytical Network Process) untuk melibatkan analisis hubungan antar jaringan unsur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Effective strategy adalah strategi kinerja yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan pada crowd-business syariah. Strategi ini berfokus dalam pengembangan modal Sumberdaya. Ditemukan bahwa terdapat 10 unsur yang menentukan strategi kinerja crowd-business syariah. Tiga unsur dengan prioritas terendah pada model strategi keunggulan berkelanjutan ini yaitu Reputasi & kontrol kualitas, Teknologi & pemenuhan pembeli dan Penjualan konten produk. Dengan mengkombinasikan modal Institusional dan Sumberdaya, keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dapat dicapai dengan memfokuskan kinerja pada unsur Citra perusahaan dan Kepemimpinan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168264
      Collections
      • MT - Business [4039]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository