Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Cuci Mobil Autoclean
View/ Open
Date
2020Author
Adiwiguna, Tegar Graha
Megawati Simanjuntak
Kirbrandoko
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan bisnis di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Salah satunya adalah sektor automotif. Peningkatan jumlah kendaraan menjadikan
peluang yang besar bagi usaha jasa cuci mobil. Peluang itu dimanfaatkan oleh
berbagai perusahaan di Indonesia salah satunya adalah perusahaan AutoClean,
yang merupakan perusahaan jasa cuci mobil dengan memanfaatkan inovasi yaitu
menggunakan sedikit cairan khusus sehingga hemat air. Terdapat beberapa
permasalahan perusahaan yaitu transaksi AutoClean cenderung menurun dan
terjadinya pemutusan mitra pada beberapa gerai AutoClean.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis persepsi pelanggan terhadap
inovasi dan bauran pemasaran perusahaan serta menganalisis pengaruh bauran
pemasaran terhadap keputusan penggunaan, dan merumuskan implikasi
manajerial bagi perusahaan untuk keberlangsungan bisnisnya di masa mendatang.
Sebanyak 185 responden terdiri dari 135 pelanggan AutoClean dan 50 non
pelanggan AutoClean. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan SEM
LISREL. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi persepsi pelanggan
terhadap inovasi AutoClean dan persepsi terhadap bauran pemasaran yang
diterapkan perusahaan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Inovasi merupakan salah satu
faktor terpenting dalam pengambilan keputusan penggunaan pelanggan. Inovasi
AutoClean menjadi kelebihan dan keunggulan yang menjadi daya tarik pelanggan
untuk menggunakan jasa AutoClean, 2) Persepsi pelanggan terhadap bauran
pemasaran yang diterapkan oleh AutoClean secara keseluruhan baik. Hal ini
ditunjukkan dari hasil analisis frekuensi sebaran persepsi berdasarkan produk,
harga, tempat/lokasi, promosi, SDM, proses, bukti fisik yang menunjukkan
jumlah frekuensi tiap indikator menunjukkan kinerja yang baik, 3) Dimensi
bauran pemasaran 7P secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan penggunaan. Variabel yang memiliki pengaruh terbesar
terhadap keputusan penggunaan adalah proses, kemudian diikuti oleh produk dan
promosi. 4) Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan di AutoClean
dapat dilakukan dengan membuat segmentasi pelanggan AutoClean sesuai dengan
karakterisik dan perilaku pelanggan, selanjutnya target perusahaan fokus pada
pelanggan yang belum pernah menggunakan jasa AutoClean. Perusahaan dapat
melakukan positioning dengan memperhatikan faktor yang menjadi prioritas yaitu
kualitas, harga dan kemudahan akses. Perusahaan dapat menerapkan strategi
promosi yang menunjukkan bahwa produk AutoClean merupakan jasa perawatan
yang berkualitas dan aman bagi kendaraan. Selain itu dengan menunjukkan
kelebihan dan keunggulan produk memberikan pesan bahwa harga yang
ditawarkan sesuai dengan kualitas dan manfaat yang diberikan
Collections
- MT - Business [4039]
