| dc.description.abstract | PT Mutiara Mutu Katiga merupakan Perusahaan Jasa Keselamatan dan
Kesehatan Kerja dalam bidang pembinaan K3. PT Mutiara Mutu Katiga
memberikan jasa pembinaan K3 yang meliputi Pembinaan dan Sertifikasi Calon
Ahli K3 Umum, Pembinaan dan Sertifikasi Auditor SMK3, Pembinaan dan
Sertifikasi Ahli Muda/Madya/Utama K3 Konstruksi, Pembinaan dan Sertifikasi
Petugas/Ahli K3 Kebakaran, Pembinaan dan Sertifikasi Petugas/Ahli K3 Listrik,
Pembinaan Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, dan K3, serta Pembinaan Sistem
Manajemen Keamanan Pangan. Dalam menghadapi persaingan bisnis, PT Mutiara
Mutu Katiga membuat program pembinaan yang belum pernah ada sebelumnya
yaitu 6 in 1 Certification. Tingginya permintaan pasar di berbagai kota akan
program 6 in 1 Certification membuat para pesaing menawarkan program yang
sama dan membuat banyak pihak tertarik untuk menjalankan bisnis PJK3 dengan
program yang sama. Namun, hingga saat ini perusahaan belum mampu memenuhi
permintaan pasar untuk mengadakan sertifikasi di berbagai kota. Sedangkan
perusahaan pesaing mampu mengadakan program 6 in 1 certification hingga di 24
kota besar. Hal ini menjadi kendala besar yang harus segera diatasi oleh PT Mutiara
Mutu Katiga.
Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengembangan PT Mutiara
Mutu Katiga sebagai Perusahaan Jasa K3 dengan melihat model perusahaan,
kondisi lingkungan bisnis dan program perbaikan yang harus dilakukan. Penelitian
ini mengunankan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara,
kuesioner, Focus Group Discussion dan studi dokumentasi.
Metode analisis yang digunakan adalah Model Bisnis Kanvas dan Analisis
SWOT. Pada pemetaan BMC terlihat bahwa customer segment PT Mutiara Mutu
Katiga adalah mahasiswa, fresh graduate dan pekerja. Berdasarkan hasil SWOT
dan FGD terdapat program perbaikan pada enam unsur Model Bisnis Kanvas yang
terdiri dari unsur, customer segment, value proposition, channels, revenue streams,
key activities, key partnership. | |