| dc.description.abstract | Usaha pedagang telur mempunyai ciri khas tersendiri dan sampai saat ini
masih sangat menguntungkan, hal ini mengingat sebagian besar masyarakat
Indonesia masih memilih telur sebagai pengganti daging di karenakan harga
daging yang tinggi. CV Rizqi Asri closed house di Kabupaten Jember merupakan
salah satu peternak ayam petelur yag berusaha untuk memenuhi permintaan
konsumen tersebut. Intensitas persaingan yang tinggi mengakibatkan CV Rizqi
Asri harus menjaga eksistensinya dengan cara meningkatkan daya saing
perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi peningkatan daya
saing peternakan ayam petelur CV Rizqi Asri. Penelitian menggunakan
pendekatan studi kasus dengan CV Rizqi Asri sebagai objek penelitiannya. Data
dianalisis dengan pendekatan rantai nilai untuk mengetahui kondisi internal dan
eksternal yang berpengaruh terhadap telur ayam kemudian menggunakan analisis
IFE, EFE, IE, SWOT, dan AHP untuk menyusun strategi untuk meningkatkan
daya saing telur ayam CV Rizqi Asri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi-straegi prioritas yang dapat
direkomendasikan kepada CV Rizqi Asri yaitu (1) integrasi horizontal (menjalin
kerjasama dengan pemasok dan reseller), (2) pembuatan Job Description setiap
unit pekerjaan, (3) pengoptimalan sumber daya yang dimiliki, (4) peningkatan
kapasitas produksi dengan penambahan kandang, (5) sosialisasi dan promosi yang
intensif kepada masyarakat, dan (6) sertifikasi sebagai jaminan mutu produk. | |