Show simple item record

dc.contributor.advisorHarianto
dc.contributor.authorKoespratama, Fardan Fareza
dc.date.accessioned2025-08-05T06:53:59Z
dc.date.available2025-08-05T06:53:59Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166719
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis Rimba Pinus Farm sebagai destinasi agrowisata edukatif melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC). Metode ini digunakan untuk memetakan dan menganalisis sembilan elemen model bisnis saat ini, diikuti oleh analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari tiap elemen. Selanjutnya, pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan strategi prioritas yang paling relevan diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Rimba Pinus Farm memiliki potensi besar dalam bidang wisata pertanian dan peternakan, beberapa aspek seperti promosi digital, struktur organisasi, dan variasi aktivitas wisata belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini menghasilkan sejumlah strategi utama seperti memperkuat branding dan Unique Selling Point, membentuk tim pemasaran, serta membuat event berkala. Temuan ini memberikan dasar pengembangan model bisnis yang lebih kompetitif, adaptif, dan berkelanjutan.
dc.description.sponsorshipPribadi
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis Rimba Pinus Farm Melalui Pendekatan Business Model Canvasid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordAgro Edutourismid
dc.subject.keywordAHP-SWOTid
dc.subject.keywordbisnis model kanvas (BMC)id


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record