| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis
Rimba Pinus Farm sebagai destinasi agrowisata edukatif melalui pendekatan
Business Model Canvas (BMC). Metode ini digunakan untuk memetakan dan
menganalisis sembilan elemen model bisnis saat ini, diikuti oleh analisis SWOT
untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari tiap
elemen. Selanjutnya, pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan
untuk menentukan strategi prioritas yang paling relevan diterapkan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa meskipun Rimba Pinus Farm memiliki potensi
besar dalam bidang wisata pertanian dan peternakan, beberapa aspek seperti
promosi digital, struktur organisasi, dan variasi aktivitas wisata belum
dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini menghasilkan sejumlah strategi utama
seperti memperkuat branding dan Unique Selling Point, membentuk tim
pemasaran, serta membuat event berkala. Temuan ini memberikan dasar
pengembangan model bisnis yang lebih kompetitif, adaptif, dan berkelanjutan. | |