Dampak Perbaikan Kualitas Pelayanan terhadap Jumlah Pengunjung dan Pendapatan Agrowisata Maya Wortel di Kabupaten Sukabumi
Abstract
Agrowisata Maya Wortel menyediakan wisata edukasi mengenai cara
budidaya tanaman hortikultura. Namun jumlah pengunjung dan pendapatannya
mengalami penurunan karena adanya keluhan pengunjung terhadap fasilitas yang
kurang memadai dan pelayanan yang belum memuaskan. Tujuan utama penelitian
ini adalah menganalisis karakteristik pengunjung, tingkat kepuasan, mengetahui
posisi atribut pelayanan, serta merumuskan strategi perbaikan dan melihat dampak
sesudah dilakukan perbaikan. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif,
Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), dan
uji beda (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan 5 atribut pelayanan
yang harus diperbaiki. Setelah perbaikan dilakukan, jumlah pengunjung meningkat
sebesar 24% dan pendapatan meningkat sebesar 23%. Uji beda menunjukkan
perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perbaikan, baik pada jumlah
pengunjung (p=0,006 < 0,05) maupun pendapatan (p=0,034 < 0,05), artinya
perbaikan kualitas pelayanan terbukti memberikan dampak positif dalam
meningkatkan jumlah pengunjung dan pendapatan Agrowisata Maya Wortel. Maya Wortel Agrotourism provides educational tours on how to cultivate
horticultural crops. However, the number of visitors and their income has decreased
due to visitor complaints about inadequate facilities and unsatisfactory services.
The main purpose of this study is to analyze visitor characteristics, level of
satisfaction, determine the position of service attributes, as well as formulate
improvement strategies and see the impact after improvements are made. The
methods used are descriptive analysis, Importance Performance Analysis (IPA),
Customer Satisfaction Index (CSI), and paired sample t-test. The results showed 5
service attributes that must be improved. After improvements were made, the
number of visitors increased by 24% and revenue increased by 23%. The t-test
showed a significant difference between before and after the improvement, both in
the number of visitors (p=0.006 <0.05) and revenue (p=0.034 <0.05), meaning that
improving service quality is proven to have a positive impact in increasing the
number of visitors and revenue of Maya Carrot Agrotourism.
