Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan Bibit Cabai Merah Keriting terhadap Kualitas Pelayanan di Tanah Muda Jaya Sukabumi
Abstract
Tanah Muda Jaya merupakan perusahaan pembibitan hortikultura yang memasarkan bibit cabai merah keriting sebagai salah satu produk unggulan. Meskipun penjualan mengalami peningkatan, ditemukan permasalahan pelayanan seperti ketidaksesuaian jumlah pesanan, lambatnya respon pelayan, dan fluktuasi jumlah pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pelanggan, menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, dan merumuskan strategi perbaikan kinerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelanggan bibit cabai merah keriting Tanah Muda Jaya adalah laki-laki dengan usia 36-45 tahun, Pendidikan terakhir adalah SMA, dengan pendapatan perbulan Rp3000.000-Rp5000.000. Indeks kepuasan pelanggan terhadap atribut kualitas pelayanan sebesar 75,86% yang artinya puas. Atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan kinerja atribut adalah ketersediaan stok bibit, kesesuaian jumlah pesanan, harga yang kompetitif, dan layanan hotline yang responsif. Tanah Muda Jaya is a horticultural nursery company that markets curly red chili seeds as one of its superior products. Despite the increase in sales, there were service problems such as discrepancies in the number of orders, slow waiter response, and fluctuations in the number of customers. This study aims to identify customer characteristics, analyze the level of customer satisfaction with service quality, and formulate performance improvement strategies in improving service quality. The method used is descriptive analysis, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA). The results showed that customers of Tanah Muda Jaya curly red chili seeds are men aged 36-45 years, the last education is high school, with a monthly income of Rp3000.000-Rp5000.000. The customer satisfaction index for service quality attributes is 75,86%, which means satisfied. The attributes that are the top priority for improving attribute performance are the availability of seedling stock, the suitability of the order quantity, competitive prices, and responsive hotline services.
