Kaji Terap Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Madu Rempah Analog CV Mutiara Keraton
Abstract
SYARAH LUTPI BAHAR. Kaji Terap Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Madu Rempah Analog CV Mutiara Keraton. Dibimbing oleh WAWAN OKTARIZA.
Penjualan usaha madu rempah analog di CV Mutiara Keraton tidak mengalami perkembangan yang signifikan. Stagnansi penjualan menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara strategi pemasaran yang diterapkan dengan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian madu rempah analog dari CV Mutiara Keraton Jimmy & Co Trans Bisnis Indonesia. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner untuk mengetahui karakteristik dan perilaku konsumen, dan fokus pada atribut-atribut yang memengaruhi preferensi berdasarkan aspek 4P (price, place, promotion, product). Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut promosi penjualan dan rasa menjadi yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sementara
kemasan dan variasi produk perlu ditingkatkan. Pendekatan yang digunakan membantu perusahaan memahami perilaku konsumen dan meningkatkan penjualan produk madu rempah analog CV Mutiara Keraton Jimmy & Co Trans Bisnis Indonesia. SYARAH LUTPI BAHAR. Study of Consumer Preference towards Purchasing Decision at CV Mutiara Keraton. Supervised by WAWAN OKTARIZA.
Sales of analog spice honey at CV Mutiara Keraton have not experienced significant growth. Sales stagnation indicates a mismatch between the marketing strategy implemented and consumer preferences. This research aims to examine consumer preferences regarding purchasing decisions for herbal-spiced honey analog products from CV Mutiara Keraton Jimmy & Co Trans Bisnis Indonesia. Data was collected through the distribution of questionnaires to understand consumer characteristics and behaviour, focusing on attributes that influence preferences based on the 4P aspects (price, place, promotion, product). The collected data was analyzed using Fishbein multiattributes. The results indicate that promotional activities and flavour are the most influential attributes in purchase decisions, while packaging and product variation require improvements. The approach helps the company understand consumer behaviour and increase the sales of CV Mutiara Keraton Jimmy & Co Trans Bisnis Indonesia's analog spiced honey analog products.
