Pengembangan WIsata Edukasi untuk Meningkatkan Frekuensi Pengunjung pada Hidroponik Nusantara
Abstract
Hidroponik Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di bidang
hidroponik, menghadapi tantangan berupa kelebihan kapasitas produksi yang tidak
sepenuhnya terserap oleh pasar. Teridentifikasi adanya peluang strategis dalam
pengembangan wisata edukasi, yang didukung oleh minat kunjungan instansi
seperti sekolah dan perusahaan kepada Hidroponik Nusantara. Untuk menganalisis
pengembangan bisnis ini, penelitian dilakukan dengan analisis kelayakan
mencakup aspek non finansial dilakukan untuk mengevaluasi berbagai aspek, aspek
finansial dilakukan untuk mengukur profitabilitas, analisis CPM untuk efisiensi
waktu implementasi, serta analisis uji t untuk membandingkan signifikansi
frekuensi kunjungan wisata sebelum dan sesudah pengembangan dilakukan.
Hasilnya menunjukkan kelayakan yang tinggi, terdapat peningkatan laba bersih
sebesar Rp22.392.882,00 per triwulan, peningkatan R/C ratio dari 2,00 menjadi
2,23; dan keuntungan tambahan sebesar Rp22.505.408,00 per triwulan, efisiensi
waktu implementasi pada periode pertama selama 50 hari dan periode selanjutnya
selama 26 hari. Hasil analisis uji t berdampak positif yang menunjukkan
peningkatan frekuensi kunjungan wisatawan secara signifikan setelah adanya
pengembangan wisata edukasi. Hidroponik Nusantara is a company engaged in hydroponics, facing
challenges in the form of excess production capacity that is not fully absorbed by
the market. It was identified that there are strategic opportunities in the development
of educational tourism, which is supported by the interest of visits from agencies
such as schools and companies to Hydroponics Nusantara. To analyze this business
development, the research was conducted with a feasibility analysis covering nonfinancial aspects to evaluate various aspects, financial aspects were carried out to
measure profitability, CPM analysis for implementation time efficiency, and t-test
analysis was carried out to compare the significance of the frequency of tourist
visits before and after development was carried out. The results show high
feasibility, there is an increase in net profit of Rp22,392,882.00 per quarter, an
increase in the R/C ratio from 2.00 to 2.23; and additional profits of
Rp22,505,408.00 per quarter, efficiency of implementation time in the first period
for 50 days and the next period for 26 days. The results of the t-test analysis had a
positive impact which showed a significant increase in the frequency of tourist visits
after the development of educational tourism.
