PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL ADDIE UNTUK PROMOSI DIGITAL UMKM KABUPATEN CILACAP
Abstract
Proyek inovatif ini mengusulkan pembuatan konten media sosial yang dirancang secara khusus
untuk mempromosikan dagangan UMKM Kabupaten Cilacap. Konten yang dibuat bertujuan untuk
memperkenalkan berbagai UMKM yang beroperasi di Kabupaten Cilacap mulai dari tahap pra
produksi, produksi, hingga pasca produksi. Konten media sosial yang dibuat memiliki tujuan
utama untuk mempromosikan dan meningkatkan visibilitas UMKM Kabupaten Cilacap melalui
implementasi Model ADDIE yang terstruktur dan sistematis. Pemilihan Model ADDIE sebagai
kerangka kerja pengembangan konten didasarkan pada karakteristiknya yang komprehensif,
terorganisir dengan baik, dan terpogram secara sistematis. Proyek ini menargetkan dan membuat
serangkaian konten promosi digital untuk UMKM di Kabupaten Cilacap. Target yang telah
ditetapkan adalah pembuatan total 60 konten promosi yang akan dipublikasikan secara teratur
dan konsisten. Hasil proyek menunjukkan bahwa penyelesaian konten harus sesuai timeline,
peningkatan jangkauan dan interaksi, serta adanya konversi dan dampak terhadap penjualan.
