Show simple item record

dc.contributor.advisorRosiana, Nia
dc.contributor.authorAkbarullah, Faldi Satrya
dc.date.accessioned2025-07-26T07:38:44Z
dc.date.available2025-07-26T07:38:44Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165938
dc.description.abstractABN Farm merupakan perusahaan agribisnis yang berorientasi pada budidaya sayuran hidroponik. ABN Farm belum mampu mengoptimalkan pemasarannya sehingga mengalami penurunan penjualan. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis potensi dan mengoptimalkan pemasaran digital pada media Tiktok, mengidentifikasi hubungan antara jumlah like, view, terhadap total penjualan, dan mengidentifikasi penerimaan pendapatan sebelum dan sesudah penerapan Tiktok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kualitatif yang meliputi STP (segmentation, targeting, dan positioning), bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion), dan juga analisis kuantitatif yang meliputi analisis rank spearman, laba rugi dan R/C ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tiktok memiliki potensi terhadap pemasaran ABN Farm dilihat dari algoritma yang tinggi dan memiliki demografi yang luas, dan juga pemasaran di Tiktok dioptimalkan dengan dilakukan pembuatan konten kreatif yang konsisten serta penggunaan musik trending dan hashtag yang sesuai. Hubungan antara jumlah like dan view memiliki korelasi yang kuat dengan total penjualan. Adanya peningkatan pendapatan pada ABN Farm setelah dilakukannya penerapan Tiktok dalam kurun waktu 3 bulan laba yang dihasilkan yaitu sebesar Rp7.846.000,00 dengan nilai R/C ratio 1,39 yang mengindikasikan bahwa Tiktok layak untuk dijalankan sebagai pemasaran pada ABN Farm.
dc.description.abstractABN Farm is an agribusiness company focused on hydroponic vegetables that faced declining sales due to limited marketing. This study analyzes Tiktok’s potential as a digital marketing tool, its correlation with sales performance, and revenue impact before and after its use. Using STP (Segmenting, Targetting, Positioning) analysis, the 4P (Product, Price, Place, Promotion) marketing mix, and quantitative methods (Spearman rank correlation, profit and loss, and R/C ratio), the results show Tiktok’s strong potential supported by creative content strategies. Likes and views strongly correlate with sales. After implementing Tiktok, profits rose to IDR 7,846,000 over three months with an R/C ratio of 1.39, confirming its effectiveness as a marketing platform.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pemasaran Digital melalui Tiktok sebagai Social Media Promotion pada ABN Farm Kota Bogorid
dc.title.alternativeDigital Marketing Strategy through Tiktok as Social Media Promotion at ABN Farm Bogor City
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordAgribusinessid
dc.subject.keywordHydroponicsid
dc.subject.keywordDigital Marketing Strategyid
dc.subject.keywordTiktokid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record