Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing dan Volume Penjualan Kecap pada PD Alam Aneka Aroma
Abstract
PD Alam Aneka Aroma merupakan perusahaan pengolahan pangan yang berlokasi di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran guna meningkatkan daya saing dan volume penjualan kecap ukuran 300 ml dan 140 ml yang belum optimal. Metode yang digunakan mencakup analisis SWOT, bauran pemasaran 7P, Business Model Canvas, analisis R/C ratio, dan anggaran parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis internal dan eksternal yang memengaruhi strategi pemasaran masih bergantung pada tenaga sales belum mampu menjangkau pasar secara luas. Implementasi Business Model Canvas memperbaiki channels, customer relationship, key activities, key partnership, dan value proposition. Peningkatan pendapatan ditunjukkan oleh kenaikan R/C ratio dari 2,1 menjadi 2,5 setelah penerapan strategi promosi tambahan. Selain itu, hasil analisis anggaran parsial menunjukkan peningkatan laba bersih sebesar Rp45.251.100 atau sebesar 61,96% setelah pemanfaatan marketplace Shopee. Penelitian ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing dan volume penjualan melalui platform Shopee terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan produk kecap. PD Alam Aneka Aroma is a food processing company located in Citamiang Sub-district, Sukabumi City. This study aims to formulate a marketing strategy to improve the competitiveness and sales volume of 300 ml and 140 ml soy sauce, which are not optimal. The methods used included SWOT analysis, 7P marketing mix, Business Model Canvas, R/C ratio analysis, and partial budget. The results showed that the internal and external analysis that influenced the marketing strategy still depended on the sales force's not being able to reach the market widely. Implementation of Business Model Canvas improves channels, customer relationships, key activities, key partnerships, and value proposition. The increase in revenue is shown by the increase in R/C ratio from 2.1 to 2.5 after the implementation of additional promotional strategies. In addition, the results of the partial budget analysis showed an increase in net profit of Rp45,251,100 or 61.96% after the utilization of the Shopee marketplace. This research indicates that marketing strategies to increase competitiveness and sales volume through the Shopee platform have proven effective in expanding market reach and increasing sales of soy sauce products.
