Show simple item record

dc.contributor.advisorRosiana, Nia
dc.contributor.authorTARIGAN, BOBBY ADRIAN LANOGHAN
dc.date.accessioned2025-07-26T03:13:36Z
dc.date.available2025-07-26T03:13:36Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165892
dc.description.abstractFluktuasi pada permintaan sayuran hidroponik terjadi setiap bulan, sehingga perlu adanya peningkatan pada penjualan sayuran hidroponik. ABN Farm adalah salah satu pelaku bisnis dalam bidang sayuran hidroponik yang mengalami kenaikan dan penurunan permintaan setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi permintaan sayuran hidroponik dan Implikasi Bisnis di ABN Farm. Metode pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik konsumen meliputi jenis kelamin, usia, status atau pekerjaan, jenjang pendidikan terakhir, pendapatan per bulan, serta metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi yang didapat harga sayuran hidroponik (X1), harga sayuran non-hidroponik (X2), pendapatan (X3), jumlah anggota keluarga (X4), usia (X5), dan tingkat pendidikan (X6) merupakan faktor yang dapat meningkatkan permintaan secara signifikan. Implikasi bisnis penelitian yang ditentukan, dapat dibentuk unit bisnis baru dengan pembuatan stan yang dilaksanakan setiap minggu.
dc.description.abstractFluctuations in the demand for hydroponic vegetables occur every month, so it is necessary to increase the sales of hydroponic vegetables. ABN Farm is one of the businesses in the hydroponic vegetable sector that experiences increases and decreases in demand every month. This study aims to identify the factors that influence the demand for hydroponic vegetables and the business implications at ABN Farm. The method in this study is descriptive analysis to determine consumer characteristics including gender, age, status or occupation, latest education level, monthly income, and multiple linear regression analysis methods. The results of the regression analysis obtained hydroponic vegetable prices (X1), non-hydroponic vegetable prices (X2), income (X3), number of family members (X4), age (X5), and education level (X6) are factors that can significantly increase demand. The business implication of the research is that a new business unit can be formed by setting up a booth every week.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFaktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Sayuran Hidroponik dan Implikasi Bisnis di ABN Farmid
dc.title.alternativeFactors Affecting Demand for Hydroponic Vegetables and Business Implications at ABN Farm
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keyworddemandid
dc.subject.keywordhydroponic vegetablesid
dc.subject.keywordmultiple linearid
dc.subject.keywordBusiness implicationsid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record