Show simple item record

dc.contributor.advisorNurlela
dc.contributor.authorPutri, Safira Kencana
dc.date.accessioned2025-07-25T08:46:28Z
dc.date.available2025-07-25T08:46:28Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165849
dc.description.abstractPT Antika Anggrek Indonesia merupakan perusahaan budidaya dan pemasaran tanaman hias, khususnya berjenis anggrek bulan dan anggrek Dendrobium. Persaingan yang tinggi berhubungan dengan loyalitas pelanggan yang berdampak pada penurunan penjualan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh bauran pemasaran di PT Antika Anggrek Indonesia yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Korelasi pearson dan Customer Loyalty Index (CLI) digunakan sebagai alat untuk menganalisis penelitian. Temuan dari hasil analisis memperlihatkan bahwa keempat variabel atau aspek dari bauran pemasaran memberikan pengaruh signifikan dan positif pada loyalitas pelanggan. Variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi secara bersama-sama oleh koefisien determinasi sebesar 67,9% dari variabel bauran pemasaran dan sisanya variabel lain di luar penelitian ini memberikan 32,1% kontribusi. Selain itu hasil perhitungan loyalitas menggunakan CLI sebesar 70,70% artinya masih kategori sedang. Implikasi manajerial dalam penelitian ini pada strategi harga berupa analisis finansial dengan penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan strategi promosi melalui media sosial TikTok untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dan loyalitas pelanggan.
dc.description.abstractPT Antika Anggrek Indonesia is a company that cultivates and markets ornamental plants, especially moon orchids and Dendrobium orchids. Intense competition is related to customer loyalty, which has led to a decline on sales figures. This research study is to analyze the effect of the marketing mix at PT Antika Anggrek Indonesia, comprising product, price, place, and promotion, on customer loyalty. Pearson Correlations and Customer Loyalty Index (CLI) are used as tools to analyze the research. The results reveal that the four components of the marketing mix significantly and positively affect customer loyalty. The customer loyalty factor is impacted by the marketing mix variables with a coefficient of determination at 67.9%, while 32.1% is attributed to external factors not covered in this research. Futhermore, the assessment of loyalty calculation using CLI are 70.70%, indicating it falls within the moderate range. The managerial implications in this study on pricing strategy are in the form of financial analysis by determining the Cost of Goods Manufactured (COGM) and promotional strategy through TikTok social media to increase marketing effectiveness and customer loyalty.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan dan Implikasi Manajerialnya di PT Antika Anggrek Indonesiaid
dc.title.alternativeThe Influence of Marketing Mix on Customer Loyalty and Its Managerial Implications at PT Antika Anggrek Indonesia
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordCustomer loyaltyid
dc.subject.keywordcustomer loyalty indexid
dc.subject.keywordmarketing mixid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record