Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan dan Implikasi Manajerialnya di PT Antika Anggrek Indonesia
Abstract
PT Antika Anggrek Indonesia merupakan perusahaan budidaya dan pemasaran tanaman hias, khususnya berjenis anggrek bulan dan anggrek Dendrobium. Persaingan yang tinggi berhubungan dengan loyalitas pelanggan yang berdampak pada penurunan penjualan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh bauran pemasaran di PT Antika Anggrek Indonesia yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Korelasi pearson dan Customer Loyalty Index (CLI) digunakan sebagai alat untuk menganalisis penelitian. Temuan dari hasil analisis memperlihatkan bahwa keempat variabel atau aspek dari bauran pemasaran memberikan pengaruh signifikan dan positif pada loyalitas pelanggan. Variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi secara bersama-sama oleh koefisien determinasi sebesar 67,9% dari variabel bauran pemasaran dan sisanya variabel lain di luar penelitian ini memberikan 32,1% kontribusi. Selain itu hasil perhitungan loyalitas menggunakan CLI sebesar 70,70% artinya masih kategori sedang. Implikasi manajerial dalam penelitian ini pada strategi harga berupa analisis finansial dengan penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan strategi promosi melalui media sosial TikTok untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dan loyalitas pelanggan. PT Antika Anggrek Indonesia is a company that cultivates and markets
ornamental plants, especially moon orchids and Dendrobium orchids. Intense
competition is related to customer loyalty, which has led to a decline on sales
figures. This research study is to analyze the effect of the marketing mix at PT
Antika Anggrek Indonesia, comprising product, price, place, and promotion, on
customer loyalty. Pearson Correlations and Customer Loyalty Index (CLI) are used
as tools to analyze the research. The results reveal that the four components of the
marketing mix significantly and positively affect customer loyalty. The customer
loyalty factor is impacted by the marketing mix variables with a coefficient of
determination at 67.9%, while 32.1% is attributed to external factors not covered in
this research. Futhermore, the assessment of loyalty calculation using CLI are
70.70%, indicating it falls within the moderate range. The managerial implications
in this study on pricing strategy are in the form of financial analysis by determining
the Cost of Goods Manufactured (COGM) and promotional strategy through
TikTok social media to increase marketing effectiveness and customer loyalty.
