Show simple item record

dc.contributor.advisorManalu, Doni Sahat Tua
dc.contributor.authorZULVA, RATU ZASKIA DAIMATUL
dc.date.accessioned2025-07-24T08:20:04Z
dc.date.available2025-07-24T08:20:04Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165748
dc.description.abstractPT Nawa Agna merupakan perusahaan yang memproduksi susu formula khusus untuk anak-anak yang mengalami stunting. Sebelumnya, perusahaan ini hanya bermitra dengan satu mitra bisnis, tetapi penjualan menurun selama beberapa bulan terakhir. Situasi ini mendorong perlunya memperluas kemitraan untuk meningkatkan kinerja distribusi dan penjualan. Penelitian ini menganalisis efektivitas kemitraan baru dengan CV Cita Eka Karya, sebuah perusahaan kesehatan yang bertindak sebagai distributor dengan pola keagenan, di mana mitra diberikan hak eksklusif untuk memasarkan produk tanpa terlibat dalam produksi. Analisis menunjukkan peningkatan efisiensi bisnis, dengan R/C Rasio meningkat menjadi 1,80 setelah kemitraan dilaksanakan. Paired Sample T-Test mengungkapkan bahwa nilai t lebih besar dari t tabel dan nilai p kurang dari 0,05, yang mengarah pada penolakan ??0. Hal ini menunjukkan bahwa strategi kemitraan yang diterapkan efektif dalam meningkatkan pendapatan dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan PT Nawa Agna.
dc.description.abstractPT Nawa Agna is a company that produces special formula milk for stunted children. Previously, the company only partnered with one business partner, but sales have declined over the past few months. This situation prompted the need to expand the partnership to improve distribution and sales performance. This study analyzes the effectiveness of the new partnership with CV Cita Eka Karya, a health company that acts as a distributor with an agency pattern, where partners are given exclusive rights to market products without being involved in production. The analysis shows an increase in business efficiency, with the R/C Ratio increasing to 1.80 after the partnership was implemented. The Paired Sample T-Test revealed that the t value was greater than the t table and the p value was less than 0.05, leading to the rejection of ??0. This indicates that the partnership strategy implemented is effective in increasing revenue and supporting the sustainable growth of PT Nawa Agna.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenerapan Perluasan Sistem Kemitraan untuk Meningkatkan Penjualan Susu Formula pada PT Nawa Agnaid
dc.title.alternativeImplementation of Partnership Expansion Strategy to Increase Formula Milk Sales at PT Nawa Agna
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordkemitraanid
dc.subject.keywordPaired sample t-testid
dc.subject.keywordpendapatanid
dc.subject.keywordincomeid
dc.subject.keywordStuntingid
dc.subject.keywordPaired sample t-testid
dc.subject.keywordpartnershipid
dc.subject.keywordStuntingid
dc.subject.keywordsusu terapiid
dc.subject.keywordtherapeutic milkid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record