Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang pada Remaja dengan Media Scrapbook Digital sebagai Mitigasi Masalah Stunting di MAN 1 Subang
Abstract
Pemberian edukasi gizi seimbang pada remaja dapat menjadi salah satu upaya pencegahan stunting dimasa mendatang. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan edukasi gizi seimbang dengan menggunakan media scrapbook digital kepada remaja dalam meningkatkan pengetahuan pentingnya gizi seimbang. Desain yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan populasi murid SMA. Jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer berupa karakteristik dan pengetahuan seputar gizi seimbang menggunakan kuesioner. Data diolah dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil pengetahuan murid yaitu memiliki rata-rata skor 38,38 pada pre-test dan mengalami peningkatan rata-rata menjadi 55,78 pada post-test. Edukasi gizi seimbang menggunakan media scrapbook digital dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan gizi responden. Providing balanced nutrition education to adolescents can be one of the
efforts to prevent stunting in the future. The purpose of this research is to provide
balanced nutrition education by using digital scrapbook media to adolescents in
increasing knowledge of the importance of balanced nutrition. The design used was
a quasi-experiment with the population of high school students. The type of data
collected is primary data in the form of characteristics and knowledge about
balanced nutrition using questionnaires. The data was processed and statistically
analyzed using the Wilcoxon Signed Rank test. The results of the students'
knowledge were to have an average score of 38.38 in the pre-test and an average
increase to 55.78 in the post-test. Balanced nutrition education using digital
scrapbook media can have a significant influence on improving respondents'
nutritional knowledge.
