Peningkatan Produksi Spinach melalui Pengendalian Hama untuk Meningkatkan Pendapatan di PT Agricole Indonesia Makmur
Abstract
PT Agricole Indonesia Makmur merupakan perusahaan yang memproduksi serta menjual produk hortikultura, khususnya spinach. Penurunan produksi spinach di PT. Agricole Indonesia Makmur disebabkan jumlah hasil panen spinach belum optimal dan tidak layak untuk dijual berdasarkan bentuk fisik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan produksi spinach melalui pengendalian hama yellow trap, guna meningkatkan pendapatan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan analisis uji berpasangan atau Paired Sample t-Test untuk menganalisis perbedaan penerimaan sebelum dan sesudah penerapan yellow trap, serta analisis finansial untuk menilai kelayakan ekonomis penerapan yellow trap ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 0,022 < 0,05 pada uji Paired Sample t-Test, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Secara finansial, penerapan teknologi ini juga meningkatkan pendapatan perusahaan, dengan penerimaan yang naik sebesar Rp5.490.000 dan laba bersih setelah pajak meningkat sebesar Rp3.413.010. Analisis R/C ratio menunjukkan bahwa nilai R/C ratio meningkat dari 1,94 menjadi 2,67, yang mengindikasikan bahwa penerapan yellow trap menguntungkan dan layak diterapkan dalam pengembangan usaha. PT Agricole Indonesia Makmur is a company that produces and sells horticultural products, particularly spinach. The decline in spinach production at PT Agricole Indonesia Makmur is due to suboptimal harvests, which are not suitable for sale based on their physical appearance. The aim of this research is to increase spinach production through pest control using yellow traps, in order to enhance the company’s income. The research methodology used includes Paired Sample t-Test analysis to examine the differences in revenue increase before and after the application of yellow traps, as well as financial analysis to assess the economic feasibility of implementing this pest control method. The results show that the significance value of 0.022 < 0.05 in the Paired Sample t-Test indicates a significant difference. Financially, the application of this technology also increased the company’s income, with a revenue increase of Rp5.490.000 and a net profit after tax increase of Rp3.413.010. The R/C ratio analysis shows that the R/C ratio increased from 1,94 to 2,67, indicating that the use of yellow traps is profitable and feasible for business development.
