| dc.contributor.advisor | Achsani, Noer Azam | |
| dc.contributor.advisor | Sari, Linda Karlina | |
| dc.contributor.author | Muthia, Aida Fitri | |
| dc.date.accessioned | 2025-07-24T03:02:52Z | |
| dc.date.available | 2025-07-24T03:02:52Z | |
| dc.date.issued | 2025 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165705 | |
| dc.description.abstract | PolyClean Laundry merupakan usaha jasa laundry yang beroperasi di
lingkungan perkotaan dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat.
Fluktuasi jumlah pelanggan dan persaingan yang ketat menjadi tantangan dalam
mempertahankan kinerja usaha. Ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan
preferensi pelanggan dapat mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan dan
berdampak pada kinerja usaha. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis
tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan PolyClean Laundry serta
mengidentifikasi prioritas atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan berdasarkan
perbedaan antara kepentingan dan kinerja. Pengolahan data dilakukan
menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan
pelanggan dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi
atribut layanan yang membutuhkan erbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa
nilai CSI mencapai 83,19%, yang mengindikasikan tingkat kepuasan pelanggan
yang sangat baik, meskipun masih terdapat ruang untuk peningkatan. Berdasarkan
analisis IPA, atribut prioritas utama yang perlu segera diperbaiki dan menjadi fokus
pengembangan terletak pada kuadran I, khususnya pada dimensi daya tanggap
(responsiveness) dan empati (empathy). Peningkatan pada aspek daya tanggap dan
empati diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta stabilitas jumlah
konsumen PolyClean Laundry. | |
| dc.description.sponsorship | | |
| dc.language.iso | id | |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.title | Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa PolyClean Laundry | id |
| dc.title.alternative | CUSTOMER SATISFACTION ANALYSIS OF POLYCLEAN LAUNDRY SERVICES | |
| dc.type | Skripsi | |
| dc.subject.keyword | kepuasan pelanggan | id |