View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa PolyClean Laundry

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (2.352Mb)
      Fulltext (984.9Kb)
      Lampiran (2.281Mb)
      Date
      2025
      Author
      Muthia, Aida Fitri
      Achsani, Noer Azam
      Sari, Linda Karlina
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      PolyClean Laundry merupakan usaha jasa laundry yang beroperasi di lingkungan perkotaan dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat. Fluktuasi jumlah pelanggan dan persaingan yang ketat menjadi tantangan dalam mempertahankan kinerja usaha. Ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan preferensi pelanggan dapat mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan dan berdampak pada kinerja usaha. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan PolyClean Laundry serta mengidentifikasi prioritas atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan berdasarkan perbedaan antara kepentingan dan kinerja. Pengolahan data dilakukan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi atribut layanan yang membutuhkan erbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai CSI mencapai 83,19%, yang mengindikasikan tingkat kepuasan pelanggan yang sangat baik, meskipun masih terdapat ruang untuk peningkatan. Berdasarkan analisis IPA, atribut prioritas utama yang perlu segera diperbaiki dan menjadi fokus pengembangan terletak pada kuadran I, khususnya pada dimensi daya tanggap (responsiveness) dan empati (empathy). Peningkatan pada aspek daya tanggap dan empati diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta stabilitas jumlah konsumen PolyClean Laundry.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165705
      Collections
      • UT - Business [597]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository