Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Buah Melon Pada CV Kiana Agri Hidroponik
Abstract
CV Kiana Agri Hidroponik memiliki kendala yaitu banyak buah melon yang tidak terserap oleh pasar secara maksimal saat musim panen dan menyebabkan buah tersebut mengalami pembusukan serta penurunan kualitas. Hal tersebut menunjukkan perlunya penerapan strategi promosi menggunakan media sosial yang efektif untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis efektivitas sosial media yang dimiliki perusahaan (TikTok, Instagram, dan WhatsApp), merumuskan implikasi manajerial, serta menganalisis R/C Ratio. Metode yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, regresi linear berganda, dan R/C Ratio dengan responden sebanyak 206 orang. Penelitian ini dilakukan di CV Kiana Agri Hidroponik pada 31 Juli 2024 – 13 Januari 2025. TikTok memiliki pengaruh tertinggi sebesar 23,7%, dibandingkan media sosial lainnya dan mengindikasikan TikTok merupakan alat promosi yang paling efektif dan mampu meningkatkan nilai R/C Ratio sebesar 11%. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan TikTok secara optimal dapat meningkatkan volume penjualan di CV Kiana Agri Hidroponik. CV Kiana Agri Hidroponik has a challenge where many melons are not maximally absorbed by the market during the harvest season, leading to fruit decay and a decline in quality. This indicates the need for the implementation of effective promotional strategies using social media to increase sales volume. This research aims to identify consumer characteristics, analyze the effectiveness of the company's social media (TikTok, Instagram, and WhatsApp), formulate managerial implications, and analyze the R/C Ratio. The methods used include descriptive statistical analysis, multiple linear regression, and R/C Ratio, with 206 respondents. This study was conducted at CV Kiana Agri Hidroponik from July 31, 2024, to January 13, 2025. TikTok has the highest influence of 23.7% compared to other social media and indicates that TikTok is the most effective promotional tool capable of increasing the R/C Ratio by 11%. These findings suggest that the optimal utilization of TikTok can enhance sales volume at CV Kiana Agri Hidroponik.
