Praktek Higiene dan Penilaian Konsumen Terhadap Kebersihan Fisik Di Restoran Sunda Bogor
View/ Open
Date
2015Author
Utami, Dyah Putri
Damanik, Muhammad Rizal Martua
Metadata
Show full item recordAbstract
Praktek penjamah makanan pada restoran etnik mempengaruhi penilaian konsumen terkait sanitasi sesuai dengan Permenkes 1098 tahun 2003. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek higiene dan penilaian konsumen terhadap kebersihan fisik di restoran sunda Bogor. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study yang dilakukan di dua Restoran Sunda di kota Bogor pada bulan Mei 2014. Sampel penelitian terdiri dari 24 penjamah makanan dan 81 konsumen yang bersedia menjadi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjamah makanan restoran A dan restoran B sebagian besar memiliki skor praktek memiliki cukup (60-80%). Skor penilaian konsumen di restoran A dan B terhadap lingkungan fisik restoran tergolong cukup, penilaian untuk peralatan pada restoran A masih termasuk cukup dan penilaian pelayanan di restoran A dan B kategori baik. Praktek higiene penjamah makanan sebagian besar cukup.
Collections
- UT - Nutrition Science [3184]
