Analisis Buku Digital Interaktif Sebagai Media Komunikasi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti
Abstract
DINDA HERSYA TABITA. Analisis Buku Digital Interaktif Sebagai Media Komunikasi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Dibimbing oleh LEONARD DHARMAWAN.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi implementasi buku digital interaktif sebagai media komunikasi di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pihak museum dan survei terhadap pengunjung. Data dianalisis menggunakan Cognitive Theory of Multimedia Learning (CTML) untuk memahami bagaimana desain buku digital memengaruhi pengalaman pengguna dengan memetakan faktor internal dan eksternal terkait implementasinya. Hasil penelitian menyoroti bahwa buku digital interaktif menawarkan peluang untuk meningkatkan aksesibilitas informasi museum dan keterlibatan pengunjung. Implementasinya juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas substansi buku, elemen audio visual, penggunaan bahasa, serta kekayaan informasi yang disajikan. Keberhasilan buku digital interaktif sebagai media komunikasi museum memerlukan strategi yang komprehensif dengan mempertimbangkan berbagai aspek. This study aims to identify the factors that influence the implementation of
interactive digital books as a communication medium at the Museum Kepresidenan
RI Balai Kirti. The research method used is qualitative, with data collection through
in-depth interviews with museum staff and surveys of visitors. Data were analyzed
using the Cognitive Theory of Multimedia Learning (CTML) to understand how
digital book design affects user experience by mapping internal and external factors
related to its implementation. The research results highlight that interactive digital
books offer opportunities to improve museum information accessibility and visitor
engagement. Its implementation is also influenced by factors such as the quality of
the book's content, audio-visual elements, language use, and the richness of the
information presented. The success of interactive digital books as a museum
communication medium requires a comprehensive strategy that considers the
various aspects.
