Show simple item record

dc.contributor.advisorLidya, Leni
dc.contributor.authorNduru, Jelianus
dc.date.accessioned2025-07-05T01:49:58Z
dc.date.available2025-07-05T01:49:58Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/163994
dc.description.abstractSektor pertanian, khususnya komoditas selada, memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai bisnis berkelanjutan. Namun, Bertani Agro Farm masih menghadapi tantangan yaitu ketidakoptimalan penjualan selada. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan pasar, merancang model bisnis, dan melakukan analisis finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fokus utama strategi pengembangan pasar yaitu pada ekspansi ke pasar ritel (ritel warung sembako, dan ritel produk segar) dengan metode titip jual, restoran yang belum bermitra, peningkatan loyalitas konsumen, dan memanfaatkan komunitas sekitar. Implementasi strategi ini meningkatkan efisiensi operasional dan profitabilitas, dengan nilai R/C Ratio naik dari 1,02 menjadi 1,53 serta penambahan 20 pelanggan baru. Jangka waktu pengembalian modal investasi adalah 2,01 tahun. Temuan baru penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi digital dan kemitraan strategis dalam meningkatkan daya saing bisnis hidroponik. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk mengoptimalkan produksi dan pemasaran selada.
dc.description.abstractThe agricultural sector, especially lettuce commodities, has great potential to be developed as a sustainable business. However, Bertani Agro Farm still faces challenges, namely suboptimal lettuce sales. This study aims to identify market development strategies, design business models, and conduct financial analysis. The results of the study indicate that the main focus of the market development strategy is on expansion into the retail market (grocery store retail, and fresh product retail) with the consignment method, restaurants that are not yet partners, increasing consumer loyalty, and utilizing the surrounding community. The implementation of this strategy increases operational efficiency and profitability, with the R/C Ratio increasing from 1.02 to 1.53 and the addition of 20 new customers. The return on investment period is 2.01 years. The new findings of this study are the importance of integrating digital technology and strategic partnerships in increasing the competitiveness of the hydroponic business. This study provides practical recommendations for optimizing lettuce production and marketing.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenerapan Strategi Pengembangan Pasar Komoditas Selada di Bertani Agro Farm Kota Semarangid
dc.title.alternative
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordBusiness model canvasid
dc.subject.keywordmarket developmentid
dc.subject.keywordSWOT analysisid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record