View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Model Rantai Markov Pangsa Pasar Stasiun-Stasiun TV di DKI Jakarta (Market Share Analysis of TV Stations in DKI Jakarta Using Markov Chain Model)

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (20.01Mb)
      Date
      1997
      Author
      Suryani, Henny
      Syamsun, Muhammad
      Rambe, Abdurrauf
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Televisi yang merupakan alat ampuh untuk menjangkau target pemirsa suatu iklan produk tertentu tampak semakin marak pada tahun 1990-an. Hal tersebut ditunjukkan oleh munculnya televisi-televisi swasta dalam waktu yang relatif hampir bersamaan. Keunggulan yang dimilikinya antara lain effisiensi biaya, dampak dan pengaruh yang kuat pada pemirsa. Besarnya pangsa pasar yang ada sekarang tentunya sangat mempengaruhi munculnya stasiun-stasiun tv yang baru. Sedangkan pasar yang dituju oleh stasiun tv adalah para pemirsanya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai dinamika pertelevisian dan melihat pangsa pasarnya. Data diperoleh dari SRI (Survey Research Indonesia) berbentuk tabel jumlah pemirsa stasiun-stasiun tv swasta pada tanggal 1-7 September 1996 pada pukul 18.00-19.00 untuk selang waktu 1 jam, pukul 18.00-19.00 dan 19.30-19.59 untuk selang waktu 15 menit. Hasil yang diperoleh adalah untuk selang waktu 15 menit tidak ada perpindahan kepemirsaan sebab survey yang dilakukan juga per-15 menit, untuk selang waktu 1 jam terlihat dinamika perpindahan kepemirsaannya. Peluang terbesar pemirsa untuk tidak berpindah saluran diraih oleh RCTI dan Indosiar (IVM) pada jam 18.00-19.00 sebesar 0.33. Sedangkan peluang kecenderungan seorang pemirsa untuk pindah saluran yang terbesar adalah ke RCTI yaitu 0.17. Kepemirsaan terbesar pada jam 18.00-19.00 dicapai oleh Indosiar sedangkan pada waktu 19.30-19.59 dicapai oleh RCTI.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/163957
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [2260]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository