View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Perbandingan Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan FMIPA IPB (The Comparison among Students Perception about FMIPA IPB's Services Quality)

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (37.92Mb)
      Date
      1997
      Author
      Gunawan, Asep Iwan
      Wijayanto, Hari
      Musa, Muhammad Sjarkani
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan membandingkan pola sebaran persepsi penilaian mahasiswa FMIPA dari program studi yang berbeda terhadap beberapa peubah pelayanan fakultas di FMIPA IPB. Pengukuran persepsi dilakukan dengan menggunakan skala penilaian hedonik tak distruktur atau skala nilai grafik sepanjang 9 cm. Kutub-kutub ekstrim pada skala dipadankan dengan kategori 'sangat jelek dan sangat baik Metode analisis yang dipakai adalah metode perbandingan secara deskripsi. Peubah-peubah pelayanan dianalisis satu per satu dengan melihat sebaran data skor penilaian setiap program studi melalui metode kemei Gauss. Analisis biplot digunakan untuk melihat representasi grafik berdimensi dua secara simultan dari seluruh peubah dan program studi yang diamati. Hasil analisis peubah tunggal menunjukkan pola yang tidak jauh berbeda antar program studi, terutama dilihat dari segi pemusatan data. Dalam penelitian ini, terhadap peubah pelayanan orang, responden cenderung memberikan skor persepsi di tengah-tengah skala nilai grafik. Peubah-peubah tersebut antara lain keramahan, kesungguhan, dan kecepatan pelayanan, baik kemahasiswaan, akademik, maupun perpustakaan. Sedangkan pada peubah koleksi buku yang merupakan pelayanan bukan orang dan non abstrak, ternyata kecenderungan itu tidak terlihat nyata. Demikian juga dengan peubah suasana perpustakaan yang merupakan peubah bukan orang tetapi abstrak menunjukkan hal yang sama. Sedangkan melalui biplot rataan skor penilaian setiap program studi dengan peubah, terlihat adanya korelasi positif dari semua peubah dan pada kelompok peubah tertentu tampak berkorelasi erat. Melalui analisis biplot terlihat pula adanya perbedaan kedekatan beberapa peubah dengan program studi tertentu yang menandakan adanya perbedaan pola skor penilaian.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/163907
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [2260]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository