Perbandingan Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan FMIPA IPB (The Comparison among Students Perception about FMIPA IPB's Services Quality)
View/ Open
Date
1997Author
Gunawan, Asep Iwan
Wijayanto, Hari
Musa, Muhammad Sjarkani
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan membandingkan pola sebaran persepsi penilaian mahasiswa FMIPA dari program studi yang berbeda terhadap beberapa peubah pelayanan fakultas di FMIPA IPB.
Pengukuran persepsi dilakukan dengan menggunakan skala penilaian hedonik tak distruktur atau skala nilai grafik sepanjang 9 cm. Kutub-kutub ekstrim pada skala dipadankan dengan kategori 'sangat jelek dan sangat baik
Metode analisis yang dipakai adalah metode perbandingan secara deskripsi. Peubah-peubah pelayanan dianalisis satu per satu dengan melihat sebaran data skor penilaian setiap program studi melalui metode kemei Gauss. Analisis biplot digunakan untuk melihat representasi grafik berdimensi dua secara simultan dari seluruh peubah dan program studi yang diamati.
Hasil analisis peubah tunggal menunjukkan pola yang tidak jauh berbeda antar program studi, terutama dilihat dari segi pemusatan data. Dalam penelitian ini, terhadap peubah pelayanan orang, responden cenderung memberikan skor persepsi di tengah-tengah skala nilai grafik. Peubah-peubah tersebut antara lain keramahan, kesungguhan, dan kecepatan pelayanan, baik kemahasiswaan, akademik, maupun perpustakaan. Sedangkan pada peubah koleksi buku yang merupakan pelayanan bukan orang dan non abstrak, ternyata kecenderungan itu tidak terlihat nyata. Demikian juga dengan peubah suasana perpustakaan yang merupakan peubah bukan orang tetapi abstrak menunjukkan hal yang sama. Sedangkan melalui biplot rataan skor penilaian setiap program studi dengan peubah, terlihat adanya korelasi positif dari semua peubah dan pada kelompok peubah tertentu tampak berkorelasi erat. Melalui analisis biplot terlihat pula adanya perbedaan kedekatan beberapa peubah dengan program studi tertentu yang menandakan adanya perbedaan pola skor penilaian.
