Show simple item record

dc.contributor.advisorWigena, Aji Hamim
dc.contributor.advisorWijayanto, Hari
dc.contributor.authorDhirgantara, Gege
dc.date.accessioned2025-07-04T04:09:04Z
dc.date.available2025-07-04T04:09:04Z
dc.date.issued1996
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/163878
dc.description.abstractPerencanaan media dapat diartikan sebagai proses yang mengarahkan pesan periklanan kepada sasaran iklan pada waktu, tempat, dan media yang tepat. Salah satu unsur utama dari perencanaan media adalah pemilihan media. Media berfungsi sebagai saluran penyebaran pesan periklanan produk. Pemilihan media didasarkan atas kesesuaian antara target pasar dengan jangkauan media. Kesesuaian tersebut memberikan efisiensi biaya periklanan dan efektifitas pesan perdagangan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan media (surat kabar, majalah, dan tabloid) yang tepat dalam kegiatan promosi suatu produk. Media tersebut adalah media yang mempunyai karakteristik pembaca yang sama dengan target pasar. Penentuan target pasar berguna untuk mencapai sasaran pemasaran produk. Rumusan sasaran pemasaran ini mencakup penetapan ciri-ciri konsumen potensial dengan cara mengamati kebiasaan konsumen menggunakan produk (setiap hari, sekali setiap 2-3 hari, dll). Analisis korespondensi merupakan suatu teknik penyajian baris-baris dan lajur-lajur suatu matriks data sebagai titik-titik yang mewakili kategori-kategori data pengamatan dalam ruang berdimensi dua. Analisis korespondensi menjadi suatu cara penyajian simultan terbaik untuk mengamati hubungan antara peubah-peubah kategorik yang ditata dalam suatu tabulasi silang dua-arah. Karakteristik pembaca media dan pengguna produk dapat ditelusuri melalui hasil analisis korespondensi. Media yang karakteristik pembacanya sama dengan karakteristik pengguna produk yang diinginkan merupakan media yang efektif untuk menyampaikan pesan periklanan produk.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenerapan Analisis Korespondensi Dalam Pemilihan Media. (Kajian Penerapan Statistika dalam Perencanaan Media).id
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record