View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - School of Data Science, Mathematic and Informatics
      • UT - Mathematics
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - School of Data Science, Mathematic and Informatics
      • UT - Mathematics
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Kepuasan Pengguna Lokapasar Daring Menggunakan Model SERVQUAL, Quality Function Deployment, dan Pemrograman Linear

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (2.374Mb)
      Fulltext (2.835Mb)
      Lampiran (2.377Mb)
      Date
      2025
      Author
      Alifah, Nayla Nur
      Bakhtiar, Toni
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pertumbuhan industri online marketplace di Indonesia menuntut peningkatan kualitas layanan demi menjaga kepuasan pengguna. Shopee, sebagai salah satu pemain utama, menghadapi tantangan dalam menentukan strategi layanan yang optimal dengan sumber daya yang terbatas. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan kepuasan pengguna online marketplace melalui pendekatan integratif menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL), model Kano, Quality Function Deployment (QFD), dan Mixed Integer Linear Programming (MILP). Contoh kasus untuk data 107 responden pengguna aktif Shopee melalui kuesioner berbasis lima dimensi SERVQUAL dan pertanyaan klasifikasi Kano. Matriks House of Quality (HoQ) disusun dengan dua pendekatan, yaitu korelasi Pearson dan judgment. Hasil dari model MILP menunjukkan bahwa pendekatan berbasis korelasi Pearson menghasilkan kepuasan maksimal pada seluruh dimensi dengan biaya Rp 85.000.000 dan deviasi minimum sebesar 0.191, sedangkan pendekatan berbasis judgment menghasilkan kepuasan yang bervariasi dengan biaya Rp 90.000.000 dan deviasi 0.329. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi metode kuantitatif dapat mendukung pengambilan keputusan layanan berbasis data yang efisien. Model ini dapat digunakan sebagai referensi strategis dalam peningkatan kualitas layanan online marketplace secara berkelanjutan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162632
      Collections
      • UT - Mathematics [89]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository