Show simple item record

dc.contributor.advisorAlexandi, Muhammad Findi
dc.contributor.advisorNeyman, Shelvie Nidya
dc.contributor.authorSipahutar, Luat Paska
dc.date.accessioned2025-06-17T04:03:52Z
dc.date.available2025-06-17T04:03:52Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162530
dc.description.abstractUMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran penting dalam perekonomian daerah dan nasional. Kementerian Koperasi dan UKM berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat serta memperluas lapangan kerja, terutama di daerah berkembang diantaranya Kabupaten Bekasi. Ditengah arus globalisasi dan digitalisasi, banyak UMKM yang masih mengandalkan metode promosi konvensional, sehingga keterbatasan dalam menjangkau pasar menjadi tantangan utama Kabupaten Bekasi, UMKM berkembang seperti makanan, kerajinan tangan, fashion, dan produk berbasis teknologi. Pelaku UMKM yang masih menghadapi keterbatasan dalam mengakses pasar yang lebih luas, terutama akibat minimnya pemanfaatan teknologi digital untuk promosi dan pemasaran. UMKM masih mengandalkan metode promosi konvensional seperti bazar lokal, brosur, dan promosi mulut ke mulut, menyebabkan keterbatasan dalam menjangkau konsumen potensial yang lebih luas skala regional, nasional dan global. Kurangnya akses terhadap platform digital yang terintegrasi juga menghambat perkembangan jaringan usaha dan peluang ekspansi pasar. Penelitian dilaksanakan kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Pengambilan data produk UMKM diantaranya olahan industri makanan, minuman, dan sandang. Pengisian kuisoner dilakukan pada pengguna website yang dibuat. Perancangan website menggunakan laptop lenovo dengan spesifik Accelerated Processing Unit A8-6410, 4 gigabyte Random Access Memory dan sistem operasi windows 10 pro. Total 150 produk UMKM meliputi tas kulit, kain perca, tusuk silang, tenun dan kerajinan. Makanan olahan diantaranya lumpia, brownies, kue pia, nata de coco, lapis legit, keripik jagung, keripik buah, dan bandeng presto, serta minuman tradisional. Dengan menggunakan rebranding dalam menarik pelanggan dengan desain logo bernama www.produkumkmsejahtera.com. Membuat tampilan desain web UMKM, teknologi CSS dan HTML digunakan. Uji validitas dilakukan pada 50 responden dapat disimpulkan seluruh item instrumen penelitian dinyatakan benar terhadap produk UMKM memiliki korelasi item total > 65,468. Setelah diuji dengan metode alpha Cronbach, variabel ini memiliki nilai alfa Cronbach 0,956, yang menunjukkan bahwa reliabilitasnya baik dan dapat diterima dengan nilai di atas 0,60. Kata Kunci: Peluang UMKM Bekasi, Promosi UMKM, dan Market
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerancangan Website Informasi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai Media Promosi dan Penghubung Konsumenid
dc.title.alternative
dc.typeTesis
dc.subject.keywordusaha mikro kecil dan menengahid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record