Pengembangan Model LMS Berbasis Serverless untuk Mengatasi Masalah Kinerja di Lingkungan Padat Pengguna
Date
2025Author
Utama, Muhammad Jaka
Neyman, Shelvie Nidya
Priandana, Karlisa
Metadata
Show full item recordAbstract
Moodle adalah salah satu aplikasi Learning Management System (LMS) yang berperan penting dalam pembelajaran secara daring. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dari LMS Moodle adalah kinerja di lingkungan padat pengguna. Padat pengguna mengacu pada situasi di mana jumlah pengguna atau peserta dalam sistem melebihi kapasitas yang dapat ditangani oleh sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu pilihan model arsitektur LMS Moodle agar dapat menangani masalah kinerja dalam lingkungan padat pengguna. Pendekatan yang digunakan adalah arsitektur hybrid yang menggabungkan teknologi serverless pada komponen database, penyimpanan data, dan session handler, serta container diatas virtual machine (VM) dengan layanan IaaS pada core system dengan dukungan load balancing dan autoscalling. Penelitian dilakukan melalui empat tahap, yaitu: identifikasi masalah, perancangan, implementasi, dan analisis model LMS. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model LMS yang dikembangkan mampu menangani hingga 1500 pengguna bersamaan tanpa penurunan kinerja signifikan, dengan response time di bawah 2500 ms dan failure request di bawah 1%. Pengujian lanjutan dengan konfigurasi batas minimum resource memungkinkan sistem melayani hingga 10,000 pengguna secara simultan. Skor benchmark plugin Moodle menunjukkan performa optimal pada seluruh aspek. Model ini terbukti dapat meningkatkan kehandalan dan skalabilitas LMS di lingkungan padat pengguna. Moodle is one of the Learning Management Systems (LMS) that play a critical role in supporting online education. One of the important factors in Moodle LMS is its performance in high concurrency workload environments. High concurrency workload refers to situations where the number of users exceeds the system's capacity. This study aims to propose an architectural model for Moodle LMS that can address performance issues under such heavy-load conditions. The proposed approach adopts a hybrid architecture that integrates serverless technologies for database, file storage, and session handler components, along with containerization on virtual machines (VM) using IaaS for the core system, supported by load balancing and autoscaling mechanisms. The research follows four stages: problem identification, system design, implementation, and LMS model analysis. Evaluation results show that the developed LMS model can handle up to 1500 concurrent users without significant performance degradation, maintaining a response time below 2500 ms and a failure request rate below 1%. Further testing with minimum resource configuration allows the system to support up to 10,000 concurrent users. Benchmark scores using the Moodle plugin indicate optimal performance across all aspects. This model has proven to enhance the reliability and scalability of LMS platforms in high-concurrency workload environments.
