Show simple item record

dc.contributor.advisorAsikin, Zenal
dc.contributor.advisorSari, Anggi Mayang
dc.contributor.authorArista, Ameera Danish
dc.date.accessioned2025-05-21T09:59:47Z
dc.date.available2025-05-21T09:59:47Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161742
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi telah menjadi pilar utama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat modern, terutama dalam konteks sosial dan ekonomi. Generasi Z, sebagai generasi yang lahir di era digital (digital natives), menghabiskan banyak waktu di media sosial, menjadikan platform ini sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan pemasaran melalui influencer. Dengan pengaruh yang kuat dari media social dan influencer, diharapkan bahwa Gen Z akan lebih termotivasi untuk mencoba dan menggunakan layanan perbankan digital seperti SeaBank. Penelitian ini dilakukan di wilayah DKI Jakarta. Sampel yang diteliti adalah Generazi Z berusia 17-28 tahun berdomisili di DKI jakarta dan memakai aplikasi SeaBank minimal 1 kali dalam satu tahun terakhir, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS dengan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari media sosial terhadap niat penggunaan, sedangkan influencer terhadap niat penggunaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Kata Kunci: Bank Digital,
dc.description.abstractThe development of information technology has become a major pillar in meeting the needs of modern society, especially in social and economic contexts. Generation Z, as a generation born in the digital era (digital natives), spends a lot of time on social media, making this platform an effective means of conveying marketing messages through influencers. With the strong influence of social media and influencers, it is expected that Gen Z will be more motivated to try and use digital banking services such as SeaBank. This study was conducted in the DKI Jakarta area. The sample studied was Generation Z aged 17-28 years domiciled in DKI Jakarta and used the SeaBank application at least once in the past year, with a total of 100 respondents selected using convenience sampling techniques. The analysis method used is descriptive analysis and SEM-PLS analysis with the Smart PLS 4 application. The results of the study indicate that there is a positive and significant influence of social media on intention to use, while influencers on intention to use have a positive but insignificant effect.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Media Sosial dan Influencer Terhadap Niat Penggunaan Layanan SeaBank Oleh Generasi Z di DKI Jakartaid
dc.title.alternativeThe Influence of Social Media and Influencer on Gen Z's Intention to Use SeaBank Services in DKI Jakarta
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordBank Digitalid
dc.subject.keywordGenerasi Zid
dc.subject.keywordinfluencerid
dc.subject.keywordMedia sosialid
dc.subject.keywordPLS-SEMid
dc.subject.keywordSeaBankid
dc.subject.keywordGeneration Zid
dc.subject.keywordsocial mediaid
dc.subject.keywordNiat Penggunaanid
dc.subject.keywordntention to useid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record