Show simple item record

dc.contributor.authorTaqi, Fahim Muchammad
dc.date.accessioned2025-05-06T06:20:58Z
dc.date.available2025-05-06T06:20:58Z
dc.date.issued2024-12
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161639
dc.description.abstractMi instan sangat diminati di Indonesia utamanya oleh masyarakat perkotaan, salah satunya adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Golongan ini bahkan menjadikan mi instan sebagai pengganti pangan pokok nasi. Penelitian ini bertujuan menggali informasi mengenai profil sensori mi instant serta intensitasnya, dan mengkaji tingkat kesukaan konsumen terhadap berbagai varian mi instant untuk dijadikan acuan dalam memperbaiki atau mengembangkan produk mi instan generasi selanjutnya. Metode yang digunakan adalah metode Rate-All-That-Apply (RATA) dan rating hedonik. Sampel yang digunakan adalah mi dengan varian rasa goreng original, kari ayam, soto mi, goreng ayam bakar limau, dan goreng korean cheese buldak. Hasil pengujian sensori menggunakan metode RATA menunjukkan, sampel indomi goreng original didominasi oleh atribut pedas, aroma kecap, rasa manis, oily aftertaste, dan glossy. Sampel indomi kuah kari ayam didominasi oleh atribut aroma kari, tekstur lembut dan licin, serta rasa asin. Sedangkan sampel indomi kuah soto mi didominasi oleh atribut rasa asam, rasa umami, warna kuning, aroma soto, dan tekstur kenyal. Untuk sampel mie sedap goreng original didominasi oleh warna kuning kecoklatan, rasa umami, mouthfeel bawang, dan aftertaste bawang. Sampel mi sedap goreng ayam bakar limau didominasi oleh aroma daun jeruk, mouthfeel daun jeruk, dan aftertaste daun jeruk. Dan terakhir sampel mi sedap goreng korean cheese buldak didominasi oleh aftertaste pedas, mouthfeel pedas, aroma keju, dan warna kuning kemerahan. Pada merek Indomi, varian rasa goreng original merupakan varian rasa yang paling disukai oleh responden dan panelis. Sedangkan merk mi sedap varian Ayam bakar limau merupakan varian dengan tingkat kesukaan paling tinggi menurut hasil uji rating hedonik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherDepartemen Ilmu dan Teknologi Panganid
dc.title“Product Profiling” Berbagai Varian Mie Instan Dari Dua Top Brand Mie Instant Indonesia Menggunakan Metoda RATA (Rate All That Apply)id
dc.typeTechnical Reportid
dc.subject.keywordProduct profilingid
dc.subject.keywordmi instanid
dc.subject.keywordRATAid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record